Menikah Dengan WNA Ceko di Indonesia

July 16, 2018

Assalamu'alaikum..

Postingan hari ini saya bakalan ulas lagi persyaratan apa aja sih yang di butuhkan untuk menikah dengan WNA di Indonesia, menurut pengalaman pribadi saya yang menikah dengan WNA Ceko di Bandung.

Alasan kenapa saya bahas lagi soal ini, karena saya rasa postingan sebelumnya kurang mendetail dan alhamdulilahnya ada beberapa teman juga yang sedikit terbantu dengan postingan saya jadi saya makin semangattttt deh buat sharing lagi.



Oke langsung aja
Buat mba-mba cantik nan eksotis yang mau menikah dengan WNA Ceko di Indonesia persyaratannya  mudah ko saya ambil sumber dari KUA tempat saya tinggal, tapi jangan khawatir rata-rata sama ko persyaratannya di setiap KUA kecuali soal FULUS ahahahha .😜


Bagi calon pengantin WNI:
  • E-KTP
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah
  • Fotocopy  KTP yang akan jadi saksi nikah kita
  • Surat Keterangan Nikah (N1, N2, N3, N4) dari Kelurahan/Desa.) GRATIS PROSESNYA BUAT DAPET SURAT INI CUMAN 20 MENIT
  • Surat Rekomendasi/Andon Nikah dari KUA Kecamatan (sesuai KTP) bagi yang bukan penduduk Kota
  • Akta Cerai Asli bagi yang telah berstatus janda cerai. IGNORE AJA KALAU MASIH SINGLE
  • Surat Keterangan/Akta Kematian suami dan kutipan akta nikah terdahulu bagi janda karena meninggal dunia (N6) dari kelurahan. IGNORE AJA KALAU MASIH SINGLE
  • Pasfoto terpisah 2 x 3  @ 4 lembar +  4 x 6 @ 1 lembar Latarnya BIRU.
  • Ijin dari kesatuan bagi anggota TNI dan POLRI. IGNORE AJA KALAU BUKAN TNI / POLRI
  • Dispensasi nikah dari Pengadilan Agama bagi catin perempuan yang belum 16 tahun. IGNORE AJA KAN UDAH LEBIH DARI 16 TAHUN 😝
  • Ijin dari orangtua (N5) bagi catin yang belum berusia 21 tahun. IGNORE AJA KALAU UDAH LEBIH heheheh


Bagi calon pengantin laki-laki WNA:
  • Paspor
  • Foto 2 x 3 dan 3 x 4 dengan backgroundnya biru yaa masing-masing 4
  • ID CARD dari negara asalnya (cuman buat ditunjukin aja)
  • Akte kelahiran yang sudah di terjemahkan ke Bahasa Indonesia
  • VISA
  • Surat izin menikah dari negara suami disebut juga CNI, cara dapatin CNI ini bisa kalian liat di postingan saya yang ini CNI
  • Surat izin menikah dari kedutaan Ceko di Jakarta (mereka bikin suratnya pake bahasa Inggris jadi engga usah di terjemahin KUA okok aja ko)
  • Sertifikat mualaf yang sudah di terjemahkan ke Bahasa Indonesia (jika tidak punya bisa mengulang syahadat di KUA nanti dikasih sertifikat convert nya)


INGAT SEMUA DOKUMEN HARUS DI COPY UNTUK KUA BIASANYA MEREKA CUMAN MINTA SATU, TAPI KHUSUS UNTUK SURAT DARI KEDUTAAN CEKO DI COPY BANYAK AJA SOALNYA KUA BAKALAN AMBIL SURAT YANG ASLINYA JADI JAGA-JAGA BUAT ARSIP KITA COPY BANYAK. :)



Kita daftarin pernikahan satu bulan sebelumnya supaya bisa nyicil dokumen ke KUA jadi mereka bisa pantau dokumen apa aja yang belum, untuk biaya jika menikah di KUA (FREE) tapi ya begitulah ada uang kesadaran tiap KUA beda-beda tapi umumnya FREE. Jika menikah di luar kantor KUA tarif nya Rp. 600000 :)

Untuk dokumen CNI, Surat dari kedutaan, Akta Kelahiran suami yang asli bisa di berikan ke KUA setelah suami ada di Indonesia jadi tenang aja, paling buat akte sama CNI kalau emang udah dapet minta suami buat scan dok itu terus kita di Indonesia kita tinggal print aja kasihin ke KUA beres :).


Nah kalau kalian udah dapet BUKU NIKAH / SERTIFIKAT MENIKAH jangan lupa harus di legalisir di 3 Kementerian dan kedutaan bagi muslim, 2 Kementerian dan kedutaan bagi non muslim. Langkah-langkah nya bisa kalian liat di postingan saya sebelumnya :)


Kalau ada pertanyaan bisa kirim pesan di email saya atau di DM instagram heheh
Riribaik16@gmail.com maap ALAY emailnya :D maklum anak kemaren sore :D

semoga bermanfaat 

    You Might Also Like

    4 comments

    1. Mbak Ri, detail banget Infonya jadi paham Saya ttg perkawinan interracial hehhe. BTW kenapa gak ada foto2mu sama suami Mbak hehehhe. Gue penasaran bolak2 baca semua postingan buat nyari2 foto2 Mbak dan Suami wkwkwk.

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya ammpunnnnnn di komen sama suhu jadi malu :D suatu kehormatan bisa di komen sama bang didy :D
        Aku suka ngeri mas kalau upload foto sama pasangan, kalau ada apa-apa males apusinnya :D ahhahah lol

        Delete
    2. Sore mbak.. saya mau minta info kalau syarat untuk menikah di Ceko apa saja ya? Bisa dibantu? Terima kasih sebelumnya.

      ReplyDelete
    3. hallo, sore mba inysaallah aku bisa bantu. Mba ini nomor whatsapp aku +420720207203 :)

      ReplyDelete