Taman Borský di Bohemian Barat Cocok Buat Yang Suka Melamun

July 28, 2018


Assalamu'alaikum..

Ahojjj Ahojjj :D
Yaass Ahoj artinya Hallo dalam bahasa Ceko Sebenernya ada beberapa contohnya kaya gini :
"Ahoj"
"Dobry den"
"Cau"
"Nazdar"
Unik banget ya bahasanya :D ahh ya dibacanya bukan ahoj (kaya jajan yaa ) di baca nya ahoy :D
Di postingan selanjutnya saya bakalan posting tentang bahasa ceko. Sekarang yang bakalan saya bahas itu tentang TAMAN BORSKÝ di ujung kota Plzen, jarak nya engga terlalu jauh dari tempat tinggal saya, kita bisa naik transportasi tram biayanya 16 Kc per 30 menit, 16 Kc itu sekitar Rp.10000  dari tempat tinggal saya kira-kira harus lewatin 4 stopan untuk sampai ke tekape


Oh ya cerita sedikit ya taman borský merupakan taman terluas di negara Ceko, didirikan tahun 1914 dulunya taman ini adalah tempat pelatihan militer luasnya sekitar 42 hektar, luas kan???? jadi bebas deh mau jungkir balik juga bisa. Sebuah taman dan juga  hutan, yang membentang ke arah timur di sekitar pemukiman Bory, ke Doudlevec, mengarah ke Jembatan Tyrsov. Bagian selatan taman dibatasi oleh sungai Radbuza. Pada tahun 2005, rekonstruksi ekstensif dimulai di taman, yang terutama menyangkut pusat bersejarah.

Nah itu sejarah dikit taman ini, kebetulan kemaren saya pergi kesana bareng suami tujuannya mau renang di sungai Radbuza cuman kepincut sama taman ini jadi kita duduk lama-lama deh.
di taman ini banyak banget tumbuh sejenis blackberry, saya belum pernah makan blackberry maklum taunya blackberry merek hp :D . Taman borský yang sejuk, tenang dannn bersih banget, disediain juga banyak kursi yang ala-ala kursi taman gitu jadi jangan takut engga kebagian tempat duduk 😆 betewe jadi inget pas di Bandung pergi ke taman sama temen ehhh pas nyampe sana tempat duduk nya penuh mau duduk di rumput juga penuh. Saking antusiasnya orang bandung pengen pergi ke taman, aku doain semoga di banyak tempat hijau di Bandung supaya bisa refreshing gratis dari macetnya kota Bandung.

Balik lagi di taman Borský ini banyak pohon-pohon tua, tempatnya terawat banget padahal saya jarang liat tukang bersih-bersih disini, entahlah mungkin mereka gaib atau daun-daunnya inisiatif beresin diri sendiri 😅

Ada lapangan rumput yang enak banget buat di pake tidur siang atau piknik, biasanya yang datang ke taman ini anak kuliahan yang belajar bareng atau orang tua yang ajak anak-anaknya main ayunan. Jarang liat yang pacaran :D mungkin buat mereka engga gaul banget kalau ke taman entahlah ya :D.

Rasanya pengen diem di taman borský seharian kalau engga inget tugas kudu masak buat suami :D, tapi malu juga ya kalau seharian keluyuran di taman disangkanya homeless.

Tapi serius tamannya mantep banget rasanya pengen infoin ke temen-temen yang mau menikah bisa pake tempat ini aja soalnya buat orang yang uangnya pas-pasan kaya saya nikahan di gedung itu sesuatu yang uwowwww andai aja ya di Bandung ada tempat kaya gini, mungkin tiap sabtu minggu penuh sama yang perasmanan. Nikah konsep outdoor ala-ala bule.

Di taman borský ada tempat bermain buat anak-anak kaya ayunan,perosotan dan kawan-kawannya (saya kurang tau namanya) :D, ada juga tempat nge gym di umum terus lapangan golf kecil-kecilan. Berhubung saya suka nya ngelamun kalau di tempat adem kaya gini jadi saya jarang cobain fasilitas disini kecuali duduk di kursi taman.

Engga kebayang indahnuya pas di musim gugur, kata suami semuanya bakalan jadi warna oren ke merah-merahan gitu daunnya bakalan berserakan di jalan yang kalau kita jalan bakalan ngeluarin suara (SREK-SREK-SREK) :D
Berasa di film-film bule ya :D


Pengunjung taman ini engga terlalu banyak jadi kita bisa punya privasi, lahannya yang luas bisa cukup buat guling-guling ala film India. Sepi adem banget kebayang engga sih surga nanti nyamannya kaya gimana??

Baru taman di dunia aja udah nyaman banget kaya gini.

Oh yaa FYI disini engga ada yang jualan asongan, jadi kita kudu bawa makanan dan minuman dari rumah kalau engga kering kelaparan kalau cuman ngelamun aja di taman. :D


Tiba-tiba jadi kangen tukang cangcimen di Bandung, kadang saya suka mikir ko orang sini engga ada yang mau jualan keliling/asongan gitu ya kaya di Indonesia.

Haruskah saya yang jadi pelopor ? :D

Taman ini juga bikin saya kangen keluarga di Bandung kebayang kalau mereka ada disini kita bakalan pergi piknik pake baju yang udah mirip kaya mau ke undangan yang engga lupa gelang emas kuning harus keliatan, rantang turun menurun jangan sampai kelewat dan yang terakhir termos gede buat bikin kopi ABC, kita bakalan makan sambel terasi, tempe, tahu sama gepuk goreng di taman oh ya bawa samak juga buat alas.



Aduh jadi kangen disini kita kalau piknik bawanya cake, buah-buahan, sama roti, tapi kurang mantep tanpa sambel terasi kalau buat saya.

Jadi ngelantur gini ya :D
hehehhe maap intinya nih taman cocok banget buat merenungi kenangan yang telah usang bersama mantan
:D
Semoga Bandung juga bakalan punya banyak taman yang bukan sekedar jadi bahan kampanye, tapi taman yang benar-benar layak buat masyarakatnya menikmati sejenak sejuknya kota Bandung.




Ah ya sumber foto saya ambil dari https://www.tipnavylety.cz/products/borsky-park-hriste-pro-deti/#!
maklum keasikan ngelamun lupa fotoin hehehe next time saya kasih hacia jepretan saya.


You Might Also Like

0 comments