Monday, August 13, 2018

Warna Warni Kehidupan di Ceko 1

August 13, 2018 2 Comments


Assalamu'alaikum...

Sejak saya tinggal di sini, saya paling suka liatin gerak-gerik orang'' disini, maklum udiknya masih nempel kuat. Liat bule aja saya masih nganga meskipun engga sebegitu nganga kaya di awal-awal.
Saya bakalan ceritain warna warni kehidupan di Ceko bertahap yaa.. ini part I nya hehehh.
Yang pertama saya awalin dengan merokok.

Merokok 


Disini hampir semua orang merokok baik pria atau wanitanya (saya bilang hampir yaaa soalnya saya belum nemuin temen yang engga ngerokok kecuali mertua saya).

Pernah seminggu yang lalu liat anak kecil lagi nunggu bus sama orang tuanya, anaknya lucu banget rambutnya panjang, cantik dan pipinya merah cuman dia kaya lagi meraktekin ngerokok gitu. Mungkin liat contoh orang-orang di sekitarnya. hmmm kalau di Indonesia udah di omongin sekampung. Tong sampah umum juga biasanya dipenuhin sama puntung rokok plus botol'' minuman beralkohol.

Eh .. Kan ada anggapan orang yang merokok biasanya badannya kurus, tapi disini badannya subur-subur loh.Mungkin emang gen nya gede-gede.

GYPSY

disini juga ada bule yang engga mirip orang eropa mereka jatohnya mirip orang keturunan arab atau india gitu, kulitnya juga engga seputih orang Ceko pada umumnya, rambut mereka juga engga pirang malah hitam mirip kaya rambut saya. Postur tubuhnya juga engga setinggi orang Ceko. Suami bilang mereka itu orang-orang gypsy, orang gypsy ini cenderung dipandang negative karena mereka di anggap malas. Jadi kalau engga salah sejarahnya para gypsy ini asalnya dari india barat terus bermigrasi ke wilayah-wilayah eropa.
Postur mereka subur-subur meskipun masih muda artian subur yang beda dengan subur orang Ceko yaa...

ORANG VIETNAM



Selain orang Ceko Asli, Gypsy ada juga orang-orang Vietnam. Orang Vietnam merupakan imigran terbesar ke tiga di Ceko setalah yang pertama Slovakia, Ukraina. Pada sensus tahun 2011 orang vietnam ini ada 83000 mungkin sekarang udah bertambah ya..

Orang vietnam disini biasanya memiliki toko kecil seperti alfa**** namun lebih kecil, namanya "Potraviny" mereka buka dari jam 7 sampai jam 8, mereka juga buka dari senin sampai minggu beda dengan beberapa supermarket di Ceko terutama di kota Plzen yang saya tempati yang hanya buka senin sampai jumat.

Harga di orang Vietnam ini bervariasi tiap tokonya, mungkin bersaing lah yaa. kadang di toko A telur lebih murah tapi susunya mahal dan di toko B telurnya mahal susunya yang murah. Beda harganya sama kaya di Indonesia cuman 5 kc di tiap toko.

Disini saya belum pernah liat orang cina engga tau kenapa, saya pernah coba tanya suami katanya ada cuman sangat sedikit jumlahnya.
Sebenernya orang Vietnam ini wajahnya mirip kaya orang cina juga sih, engga tau cara bedainnya gimana. :D

PARA LANSIA YANG PANJANG UMUR





Saya perhatiin juga di Ceko banyak lansia, umurnya panjang-panjang kayanya. :D Mungkin karena makanan atau budaya jalan kaki juga alesan mereka panjang umur
Mereka biasanya pergi belanja sendiri dengan ciri khas rambut putih penuh uban yang di cepak. Para lansia ini biasanya tinggal di sudut sudut kota yang tenang dengan bangunan apartment yang tidak terlalu tinggi, mungkin supaya engga terlalu capek naik turun tangga ya :D Disini juga ada acara buat para lansia kaya party gitu mereka pada joged'' ( joged ala lansia jangan bayangin jogednya trio macan). Mereka ini punya geng lohh jadi bukan yang muda aja, buktinya pas pertamna saya datang di Doubravka saya punya tetangga yang udah sepuh, mereka ramah-ramah. Seminggu setelah sampe di Doubravka, waktu itu saya pergi namu ke rumah neneknya suami. Dia bilang udah menyebar lohhh kabar ada orang asing baru yang mukanya engga mirip orang vietnam atau orang china :D ternyata tetangga saya yang sepuh itu udah cerita ke geng lansianya di kota Plzn :D

KEHIDUPAN BEBAS DI CEKO

Terus disini itu meskipun kalian belum menikah, bisa tinggal bersama loh.. terserah deh mau tidur bareng atau gimana disini engga ada yang usik. Maklum lah ketemu tetangga di bangunan apartment yang sama juga jarang banget, mereka hidupnya individualis.


Pernah satu waktu naik trollybus sama suami, pas saya mau beli ticket di mesin ticketnya ehh tiba-tiba malah ada pasangan yang lahunan ngehalangin tuh mesin, mesra-mesraan gitu. :D
Mau bilang "permisi saya mau pake mesinnya malu, malah kita yang risih".

Jadi mau bermesraan dimanapun ok ok aja disini, mau di pinggir jalan, mau di halte apalagi dirumah mah bebas hmmmm. Mau sampai punya anak sebelum nikah juga udah hal yang lumrah kayanya engga bakalan disebut anak haram :D
Beda negara beda budaya ya..

Kalau di Indonesia bisa tiap minggu ada nikahan, :D
Disini sunyi sepi :D

Saya biasanya kalau liat yang lagi mesra-mesraan gitu suka nganga :D berasa nonton film romantis ahhahah kalau engga ditegur suami bisa manteng liatin mereka terus.

Postingan kali ini segini dulu ya berhubung saya harus ke pasar, saya lanjut ceritanya di postingan selanjutnya.

Saturday, August 11, 2018

Hikmah Dari Permasalahan Dalam Pernikahan

August 11, 2018 0 Comments

Assalammu'alaikum...

Pernikahan sebenarnya bukanlah sesuatu yang perlu disesali, terutama saat masalah datang secara silih berganti. terkadang manusia selalu lupa untuk melihat dari sisi baik setiap kejadian, tapi tentu saja itu akan terasa mustahil untuk bisa melihat sisi baik dari sebuah masalah saat kita belum begitu yakin akan sang pembuat rencana indah. Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman para wanita diluaran sana yang memiliki masalah setelah menikah, sejatinya kebahagiaan di dalam pernikahan itu hanyalah sementara jika tidak didasarkan dengan rasa cinta kepada Tuhan. Rasanya tidak ada alasan yang bisa benar-benar menguatkan kita untuk tetap dalam pernikahan jika bukan karena pahala ibadah yang akan kita dapatkan. 

Pagi ini saya menonton video tentang pernikahan dan masalah-masalah yang ada didalamnya. Ternyata menikah itu bukanlah hal yang mudah, banyak sekali hal yang perlu kita pelajari. Akan sangat bijak jika bisa mempelajarinya sebelum menikah.

Di kolom komentar video tersebut banyak sekali wanita yang sudah menikah yang meluapkan isi hatinya atau coba untuk meminta nasihat. Melihat fakta dilapangan yang seperti itu saya merasa kita harus benar berhati-hati dalam memilih pasangan hidup.

Masalah seperti apa yang mereka tanyakan?
Yang pastinya masalah tentang pernikahan, banyak dari mereka yang mengeluh tentang suaminya yang berselingkuh ataupun meminta cerai.

Saya baru saja menikah satu tahun, mungkin rasanya kurang cocok untuk membahas tentang ini toh saya belum punya cukup jam terbang. Tapi saya rasa dengan semua hal yang telah saya alami, saya perlu membahasnya.

Banyak sekali faktor yang bisa membuat pernikahan seseorang di timpa masalah 

Faktor Keuangan

Masalah ini merupakan masalah yang cukup umum dan sangat mudah di temui, masalah inipun bisa menjadi masalah awal dari masalah-masalah besar lainnya. Biasanya masalah tentang gaji suami yang kecil dan belum bisa mencukupi semua kebutuhan rumah tangga, bisa menjadikan salah satu dari keduanya atau mungkin dua-duanya menjadi pribadi yang sensitif dan mudah tersulut emosi. Masalah keuangan ini hal yang sensitif kita harus bersikap setransparan mungkin kepada satu sama lain, untuk menghindari kecurigaan.

Masalah pendapatan suami yang kecil merupakan tantangan tersendiri bagi para istri di luar sana, apalagi dengan harga bahan pokok yang semakin tinggi, kita harus bisa mengatur dengan cermat dan bersyukur dengan hal yang kecil. Pada kondisi ini, mudah sekali bagi kita untuk mengeluh dan menjadikannya masalah besar dengan suami, tapi jika kita bisa lebih bersyukur maka insyaallah Allah akan tambah nikmat yang kecil tersebut dan mengukurnya sebagai amalan ibadah.


Perselingkuhan

Masalah yang kedua ini rasanya adalah masalah yang paling ditakuti oleh semua istri diluaran sana, tentu saja masalah ini bisa disebut masalah yang besar karena bisa menjurus ke perceraian, siapa sih di dunia ini yang berniat menikah untu bercerai ?? mustahil ada.

Janji suci atas nama Allah harus di kotori dengan yang namanya perselingkuhan, kita tidak bisa hanya menyalahkan sang pelakor atau suami kita saja, toh mereka berdua yang melakukan. Setan akan selalu membuat semua yang haram itu lebih indah.

Keputusan setelah adanya perselingkuhan ini tergantung kepada pasangan tersebut, apakah akan dilanjut atau memilih jalan perceraian.
Jika memutuskan untuk dilanjut, tapi rasanya hati ini tidak sama lagi seperti saat pertama kali membina hubungan maka bersabarlah, tetap lalukan yang terbaik, mencoba merawat suami dengan rasa ihsan dan islam dan berdoa karena hanya Allah sang pemilik hati yang bisa membolak-balikan hati kita dan pasangan kita.
Dan apabila kita memutuskan untuk berpisah, percayalah bahwa Allah memiliki rencana yang indah setelah cobaan ini, kuatkan hati dan diri memulai hari baru menjadi insan yang lebih baik. 

Mengambil Hikmah Saat Diuji


Masalah di dalam kehidupan berumah tangga ini mampu membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik jika kita menghadapinya dengan rasa ikhlas dan percaya bahwa Allah akan menguji hamba yang dia cintai. Kalian tidak sendiri yang memiliki masalah ini, banyak di luaran sana wanita yang menangis di setiap malamnya.


Cara Allah Mencintai Hamba-Nya
“Ketika Allah mencintai suatu kaum atau hamba-Nya maka Allah akan memberi banyak ujian  dan kesulitan; belum selesai  satu kesedihan kesedihan lain datang menimpa. Barang siapa yang ridu terhadap ujian tersebut maka baginya Ridho Allah, dan barang siapa marah, maka baginya murka-Nya”
Ujian ini adalah cara Allah mencintai kita, tinggal kitanya harus bisa mengintropeksi diri sendiri, apakah ujian ini muncul karena dosa-dosa dan kelalaian kita di masa lalu ?
Yang paling penting kita lakukan sekarang adalah menjadi lebih dekat dengan Allah, karena Allah lah satu-satunya yang bisa menguatkan dan menenangkan hati kita.
Mohon kepada Allah untuk menjadikan kita wanita yang tegar dan membalas setiap rasa sakit ini dengan pahala yang bisa menolong kita di akhirat. Toh kita tidak akan selamanya tinggal di dunia ini, semua ini hanyalah lahan untuk mengumpulkan bekal.
Dan jangan pernah lupa bahwa Allah lah yang bisa membulak-balikan hati manusia termasuk pasangan kalian.
Sesungguhnya, setelah kesulitan ada kemudahan. Pada akhirnya kebahagiaan sejati dan kokohnya rumah tangga hingga maut memisahkan adalah buah dari penempaan, gemblengan dan cobaan yang bertubi-tubi menerjang pelayaran cinta. Justru disinilah letak “seni dan rasa” berumah tangga. Semakin merasa memiliki, menyayangi ketika telah melewati kesedihan dan kesulitan.
Rumah tangga adalah sebuah proses. Menuju sakinah perlu proses yang perlahan dan panjang. Tidak ada yang instan.  Semoga rumah tangga kita dilimpahkan keberkahan dan menjadi rumah layaknya surga. Pun jika ada yang tengah berada dalam kesedihan dan ujian, semoga diberi kekuatan dan kesabaran.


pic : https://weheartit.com/entry/83375781

Wednesday, August 8, 2018

Pengalaman Minum Pil Kianpi (Obat Gemuk)

August 08, 2018 0 Comments

Assalamu'alaikum....

Kata orang orang naikin berat badan itu gampang, tapi buktinya buat sebagian orang diluar sana terutama saya, naikin berat itu susahnya minta ampun. Sama aja kaya kita bilang gini "nurunin berat badan mah gampang atuh", tapi buktinya buat orang diluaran sana juga nurunin itu susah banget. 

Saya udah pernah coba obat ini itu, bahkan sampai pergi ke dokter tapi ya gitu emang harus ada tekad dari dirinya sendiri, kalau saya mah tekadnya engga kuat susah banget buat makan.

Saya juga pernah coba obat penggemuk yang lagi booming sekarang nama obatnya kianpi pil gingseng,  kalau kalian mau baca pengalaman saya pas pake obat bisa klik disini

Tapi sekarang saya engga akan nyeritain pengalaman saya lagi disini saya bakalan ceritain pengalaman temen saya, sebelumnya saya udah izin sama temen saya ini buat diceritain ke kalian, dia juga izinin saya upload foto before dan afternya badan dia.

Oke langsung aja ..
Temen saya ini dulu mulai beli pil kianpi barengan sama saya, berat kita naik turun waktu itu, pas kita berhenti minum pil kianpi berat kita bakalan turun, tapi meskipun turun yang nyangkut sekilo dua kilo mah tetep ada. :D

Nah singkat cerita setelah obat saya abis, saya engga lanjutin konsumsi pil kianpi, efeknya saya udah ceritain di postingan saya sebelumnya yaa.  

Tapi temen saya yang satu ini dia tetep konsumsi pil kianpi satu pil perhari, dan sampai sekarang badannya jadi montok. Emang efek moonfacenya tetep ada cuman badannya jadi beda banget dari sebelumnya. Dulu kita berdua juara bersaing berat badang 41 atau 42. LOL duo tulang

Oh ya temen saya ini orang nya tinggi 170 lebih kayanya deh, jadi berat sekitaran 41-45 buat dia masih terlalu kurus.

Setelah rutin minum pil ini beratnya sekarang 65, sekarang keliatannya lebih PD mau pake baju apapun dengan bentuk badannya yang sekarang, lebih ceria juga muka nya.

Foto ini pas berat dia 50 sebelumnya sekitar 42, tapi saya engga punya fotonya. Di makan bisa 5 kali sehari dengan porsi yang banyak, dalam sebulan bisa naik 8/9 kiloan, efek pil kianpi ini cepet banget buat nambah berat badan soalnya bawaan obat ini laper teruuusss.




Yang di bawah ini foto dia pas berat nya 60, BTW dia yang paling kiri yang pake baju merah yaa..


Dan yang terakhir ini foto dia sekarang beratnya 65 an, makin chubby kan ..


Di blog ini saya ceritain dari dua sisi di postingan sebelumnya saya bahas tentang efek samping pil kianpi dan sekarang saya juga bahas sisi lainnya yang mana ini tuh hasil dari tujuan kita minum pil kianpi.

Saya engga nyaranin kalian buat coba pil kianpi dengan postingin kisah temen saya yang bisa di bilang udah dapet berat yang dia pengen, semua balik lagi ke keputusan kalian toh kalian udah bisa milih sendiri. :)

Saya ngerasain ko putus asanya coba ini itu engga cocok sampai meskipun saya tau efek negative dari pil kianpi ini saya tetep coba waktu itu.

So kalau kalian putusin engga minum saya support, kalau kalian mau putusin minum pil kianpi ini juga saya support. 
:D
lol
Btw bukannya mau jualan tapi kalau kalian mau beli bisa di temen saya ini heheheh. 

firstpic : https://weheartit.com/entry/91471829

Monday, August 6, 2018

Kelakuan Para Suami Yang Kadang Bikin Ngakak

August 06, 2018 0 Comments


Assalamu'alaikum ..

Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya apalagi para ibuk-ibuk yang kerjanya 24 jam. Sejak saya tinggal bareng sama suami banyak banget kelakukan dia yang bikin ngerutin dahi, dan ternyata pas saya ngobrol sama ibuk-ibuk yang lain (ettt dah mainnya sama ibuk-ibuk sekarang) 😅.

Rata-rata kelakukan suami mereka itu sama semuanya, aneh ya bisa kompak gitu udah kaya seragam kosidahan yang bedanya dikit ada yang udah lunas dan ada yang masih nyicil. Pas saya inget-inget lagi ternyata ibuk-ibuk kelakukan adik saya juga di Bandung sama kaya gitu termasuk Bapa saya juga.

Kompak bener ya .... bukan buat ngejelekin para bapak-bapak apalagi suami saya sendiri cuman pengen share kelakukan mereka yang kadang bikin ngakak (kalau lagi PMS mah boro-boro ngakak tiba-tiba yang ada pengen mraktekin filmnya Hanniiballll LLeccterrr).


Langsungnya aja ya..

Paling sering nemuin kaos kaki, boxer dan ikat pinggang ada dimana-mana udah kaya engga butuh aja, kasian banget mereka abis di pake di campakan begitu aja. Kadang ada di kolong kursi atau tergeletak ta' berdaya deket wastafel kayanya berat banget buat di simpen di tempatnya, padahal engga seberat elpiji 3 kg.

Nah abis acara mencampakan barang-barang yang udah di pake, terus kita ceramahin dan mereka bakalan bertingkah seolah-olah innocence. Kadang kalau males ceramah saya tunjukin aja pas lagi mungutin tuh barang depan matanya ehhh tetep belaga so innocence :D.

Jangan harap bisa dimanja-manja atau ngajak curhat suami pas mereka lagi nonton bola, games atau paling sering si jimmy kimmmelll -__- sekalinya dijawab pas lagi curhat, jawabannya itu cuman "iya", "masa", "hmmm", nanti giliran iklan baru mereka nanya serius "tadi nanya apa ?" lahhhh basi mas basiiiii :D

Paling suka kalau di siapin makanan pake piring dan gelas yang bagus, dia bilang seneng banget berasa jadi orang penting apalagi kalau minum pake gelas tinggi, warna coklat muda kaya gini. (engga banget ya). :D

Buat para bapak-bapak mungkin artinya menggantungkan baju itu artinya nyimpennya di mana aja, giliran kita beresin atau kalau kotor kita pindahin ke tempat baju kotor. Besoknya tiba-tiba bingung kelayapan nyari barang sambil ngomel-ngomel "ini kemana celana kemaren aku simpen disini, aku mau pake lagi", terus saya bilang "aku gantungin di belakang pintu" terus dia jawab lagi "kenapa sih segalanya mestinya disimpen di tempat yang aku engga tau, aku simpen barangnya disini soalnya biar gampang diambil" etttt dahhhh terserah lah. Sekarang saya paling ga mau gantungin barang dia di tempat yang lain, kalau liat di lantai atau disimpen gitu aja dikursi saya paling rapihin aja supaya engga kusut terus simpen di situ aja ditempat barangnya di terlantarkan. :D

Hobi para bapak-bapak ini terutama suami saya, menuhin tempat cucian piring dengan gelas, sehari bisa ada 4 gelas mungkin belum keitung sama gelas yang masih nongkrong di kamar belum di evakuasi. Engga tau lupa itu bekas dia atau gimana pengennya ambil yang baru.


Bapak-bapak ini paling engga peka sama barang yang di carinya, biasanya harus nanyain dulu
"ini kunci dimana ?"
"Gunting yang kecil dimana ?"

   "Handphone aku dimana ?"
          "Aku udah cari di semua lemari baju putih aku ilang"

Padahal barangnya kalau kita tunjukin ada depan mereka, kadang juga nanyain barang yang dia    simpen sendiri, lahhhhh emang saya ki joko bodo bisa tau, tapi anehnya pas saya yang cari ketemu. AJAIB. Emang kayanya semenjak level naik jadi ibuk-ibuk tangan saya berubah jadi ajaib bisa nemuin barang yang ilang beda sama pas zaman gadis. :D

Teruss engga peduli udah berapa umur mereka, mereka masih suka sama mainan kaya mobil-mobilan, tank atau games -__- .

Dan ini yang paling akhir buat tulisan ini mereka itu suka engga ngerti kita marahnya kenapa padahal yang bikin marah, jengkel dan nangis itu gara-gara kelakukan mereka. Tapi mereka nyantei aja sekalipun dipaksa buat nanya, nanyanya "kenapa marah?"ettt dahhh masa engga ngerti ya, terus minta maaf meskipun tetep nanya "tapi aku salah apa?"

Sebenernya masih banyak cuman kalau kepanjangan takut di demo sama persatuan bapak-bapak :D

Bukan maksud membuka aib tapi saya pikir ini bukan aib malahan hal yang bikin lucu yang bisa bikin kangen kalau para bapak-bapak ini engga ada termasuk adik saya sendiri.

pic : http://www.mtmtv.info/sesame-street-ernie-and-bert-in-a-pyramid-ca9f127/

Sunday, August 5, 2018

Dokumenty Potřebné k Uzavření Sňatku v Indonésii

August 05, 2018 0 Comments

K uzavření sňatku v Indonésii je potřeba vědět něco o procesu smaotného sňatku a potom několik dokumentů a spousta trpělivosti. Lze uzavřít dva druhy sňatku. 1- náboženský 2- sekulární .

 Náboženský je zpravidla pro muslimy a sekulární pro všechny ostatní náboženství.  Já jsem absolvoval náboženský sňatek. Ten se uzavírá v kanclu (KUA) je potřeba se objednat nejlépe měsíc dopředu. A jsou potřeba následující dokumenty-
  • Vysvědčení o právní způsobilosti k uzavření manželství
         Tenhle papír dostanete na požádání na městském úřadě podle místa trvalého bydliště. Je v několika jazycích a na jeho vyhotovení má úřad 30 dní.



(CNI)
(CNI)

  •   Rodný list
         Stačí ověřená kopie ze které vyhotovíte překlad. Nebo je možné napsat mail na matriku obecního úřadu kde jste se narodily a oni Vám vyhotoví nový rodný list (je potreba 100 kolek).

  • Potvrzení vlády ČR, že se můžete vdát či oženit
        Tenhle papír Vám v ČR nikdo nevydá,ale jelikož ho Indonésie chce můžete požádat české velvyslanectví v Jakartě a oni Vám vydají potvrzení v angličtině že všechny Vaše ostatní dokumenty jsou správné. Což znamená že vládu ČR nezajmá koho si kde berete. A u sňatku to jen vysvětlíte. 

( From Embassy)

 Nejdůležitější je Vysvědčení a Rodný list. Oba papíry je potřeba legalizovat a přeložit a následně superlegalizovat na Indonézské ambasádě v Praze. Vysvědčení Vám legalizuje ministerstvo zahraniční ČR. Je potřeba zmínit o jakou zemi se jedná jelikož do zemí v EU se nedělá legalizace a dají Vám jen apostilu a to nestačí. Je potřeba Vyšší ověření (legalizace). Jakmile máte vysvědčení s razítkem z městského úřadu a s ověřeným podpisem a s legalizační doložkou z ministerstva zahraničí můžete vyrazit za soudním překladatelem až Vám dokument přeloží můžete na ambasádu pro finální Superlegalizační doložku.
             Stejný postup je u Rodného listu. Až Vám ho vydá MÚ půjdete na ministerstvo zahraničí pro legalizaci potom překlad a superlegalizace na ambasádě. Na každý dokument je potřeba kolek a na ambasádě se platí tuším 25 dolarů. Taky je možné všechno vyřídit poštou že prostě dokumenty pošlete,požádátě o legalizaci a oni Vám to zašlou zpět ale trvá to déle.

       Dále v Indonésii potřebujete samozřejmně pas, a kopii pasu, fotky, a v případě muslimského sňatku potvrzení o přijetí Islámu. Ten papír můžete vyřídit v ČR u některé z muslimských obcí nebo v Indonésii. Pokud v ČR tak je potřeba také přeložit. více info. whatsApp 607091199

obraz : https://www.crossed-flag-pins.com/Friendship-Pins/Czech-Republic/Flag-Pins-Czech-Republic-Indonesia.html

The Requirements To Get Married In Indonesia

August 05, 2018 0 Comments



Assalamu'alaikum

Ahojjj..
Jak se mate ? :) I hope you are all good.

Today I'm going to write about the requirements that you need to have to get married in Indonesia, actually I have posted about this topic in my previous post but its written in Bahasa Indonesia. And my husband suggested me to write it in English so maybe it could help people out there who are looking for this information.

I think this information it's not just for Czech who will get married in Indonesia, but for all foreigners in many countries. The requirements tend to be very similar either you will get married according to the Civil Registry (for Christian) or get married based on religion (for Muslim).

Ok here are the things that you have to own.


  • Czech ID Card (you just need to show them).
  • Passport (the original and the copy).
  • Visa (the original and copy) my husband applied for a social-cultural visa at the time.
  • Birth certificate (translated to Bahasa Indonesia and don't forget to copy).
  • Divorce Certificate for widow / divorced (translated to Bahasa Indonesia) if you are single you don't need it.
  • CNI from civil registry office in your country this paper explains everything about your status and it also explains that you don't have any problem to get married in Indonesia (legalized by the ministry of foreign affairs and then translate it to Bahasa Indonesia and the last you must go to Indonesian Embassy in your country and legalized it there), if you have no idea how does it look like, you can click this, there are three pictures in the post two of them are CNI and the last the permit from Embassy.
  • The permit from the Czech Embassy in Indonesia (you shouldn't translate this paper and you can get it also easily as long as you already have the CNI from your the civil registry office and you can get it for free just takes time 30 minutes in the embassy). Click this one also to see how does it look like.
  • Photograph separate 2 x 3 and 3 x 4 blue background, each of the 4 pieces.
  • A certificate of embracing Islam for converts (translated to Bahasa Indonesia) FYI you can convert also in the office of religious affairs (KUA) and get the certificate but you have to inform them before.

We prepared everything for a year because my husband wasn't living in Czech at the time, so he could just do it in summer holiday and his mother also helped him to get this birth certificate and CNI so its possible to ask your family to do it for you if have no time.

ah ya the last...

You must scan all the papers ASAP and send it to your fiancée/fiancé so they can send the papers to the office of religious affairs (KUA) or civil registry office before the big day.

I advise your partners to registry your marriages a month before. They should go to the KUA / CATATAN SIPIL whenever they have the new papers (scanned file) from you because if they do this the officer can inform them what else that's needed.

If you have any question just send me an email on ririyuliani16111995@gmail.com I will give you my WhatsApp number or my husband's, I would be so happy to help you.

May god makes everything easy :)

And this is The Indonesian Embassy's contact in Prague, I think you will need it.


Nad Budankami II/7
15021
Praha 5-Smichov
Czech Republic
Tel   +420 257 214 388
Fax  +420 257 212 105
HOT LINE only for Indonesian citizen’ urgent consular matters  +420 727 830 878

pic : https://peka-photographie.webnode.fr/news/union/

Friday, August 3, 2018

Musim Panas Pertama

August 03, 2018 0 Comments


Assalamu'alaikum ...

Saya sekarang lagi nulis sambil kegerahan banget padahal masih jam 9 pagi, ini musim pertama saya di Ceko, hmmmm rasanya kaya lagi di Jakarta dulu pas ngurusin dokumen buat nikah sama suami.
Tapi mungkin disini lebih panas, sebenernya kalau buat temen-temen yang udah lama tinggal di eropa atau udah pernah tinggal pas musim panas, panas 32 c engga ada apa''nya.

Kalau buat saya gerah banget apalagi kalau keluar siang-siang, meskipun bentar keluarnya tapi beuhh baju langsung basah sama keringet.

Apalagi suami saya yang gampang keringetan, dia mah di rumah aja keringetnya kaya orang abis mandi apalagi di luar. Disini jarang yang pake AC paling di kantor itu juga paling cuman satu dua, orang Ceko lebih milih buka semua jendela kalau siang. Muka juga jadi gampang berminyak kalau lagi summer gini beda pas musim dingin kulit berasa bersih terus :D.

Disini baru beres mandi 3 menit udah gerah sama keringetan, salutnya liat temen ada loh yang jarang mandi padahal panas banget.

Musim panas di ceko biasanya orang-orang pergi buat piknik atau berenang, disini ada beberapa danau yang bisa di pake renang, airnya sih ijo tapi dari informasi disana ama ko, berhubung saya engga bisa renang.. saya mah diem aja deket pohon ngadem, tapi tetep pake baju rapih ya ahahhahaha.
Menu piknik orang Ceko itu kalau di bilang simple, mereka bakalan bawa sandwich, buah-buahan, cake atau kalau engga mereka bakalan barbecue-AN :D . Beda sama saya di kampung kalau piknik biasanya kita ke kebun binatang bandung disana ngampar tiker menunya udah mirip orang yang mau buka warteg. Dari nasi putih sampai rendang ada engga kelewatan termos melegenda buat kopi ABC, atau kalau engga ke kebun binatan biasanya kita ke rumah sodara yang punya saung di tengah sawahnya, duhhh berasa iklan RCTI OKE :D


Orang Ceko sama kaya bule pada umumnya mereka suka berjemur supaya kulit mereka aga gelapan gitu, hmmmm padahal kita di Indonesia pengen putih ya. :D
Ada cerita pas di awal musim panas, kita kan lagi ngajak gugugnya temen jalan-jalan ke hutan ehhhh di tengah jalan ketemu bapa-bapa tinggi besar keluyuran cuman pake celana dalam aja. :D
Dia mah santai aja jalan malah saya yang risih, mohon di maklum yaaa saya belum pernah ke pantai yang ada bule pake bikini/celana dalam aja jadi pertama liat uwow paling banter main ke Pangandaran itu juga kalau ibu-ibu pengajian ngajak setaun sekali :D.

Tapi suami saya engga berani keluar kaya gitu alhamduliahnya :D

Selama musim panas ini kayanya berkah juga buat tukang ice cream tiap di lirik lagi ngelayanin yang beli,  harga ice cream disini macem-macem biasanya yang paling murah itu buat satu cone 30 kc sekitar 19 ribuan ukurannya luamayan gede, tapi saya jarang sig beli ice cream lebih milih beli lays :D.

Sebenernya saya engga sabar buat musim dingin pengen tidur selimutan nyaman atau pake kaos kaki musim dingin yang lucu-lucu udah berasa kaya di film-film gitu, kalau summer gini engga kuat rasanya pengen tidur di lantai sama pake singlet atau daster yang ada ventilasinya :D
kalau malem semua jendela dibuka kecuali kalau siang biasanya kita tutup sekalian gordennya juga supaya panasnya engga masuk.

Disini listrik, air sama gas harganya lumayang mehong jadi harus ngirit dannnn sebenernya sisi positif musim panas itu adalahhhhhhh bisa ngirit pengeluaran buat mesin pemanas. Selama summer tuh mesin nganggur :D

Jadi kangen sejuknuya kota Bandung, asal jangan motoran keluar pas macet-macet. :D



Thursday, August 2, 2018

Hadiah Dari Menikmati Rasa Lapar

August 02, 2018 0 Comments

Assalamu'alaikum..

Sejak minggu lalu saya putuskan pengen lebih aktif lagi nulis di blog bukan karena sok-soan pengen kaya penulis, alesan jelasnya sih karena saya nganggur ya dari pada mantengin instagram seharian kayanya lebih baik saya nulis.

Sesuai judul saya di atas menikmati rasa lapar yang mana hadiahnya itu gangguan hormon.

Aneh ya, ko ada orang yang menikmati rasa lapar. :D
Ya ada ko orangnya itu saya, saya kalau lapar ya diem saya nikmatin aja dari pada harus pergi ke dapur bikin makanan. Awalnya dulu pas SMP kelas 3 saya punya masalah yang bikin saya engga mau makan mikir siang malem cari jalan keluar, dan kebiasaan nahan lapar itu berlanjut sampai sekarang dulu berat badan saya engga ada masalah sekarang bisa di bilang terlalu kurus dengan tinggi 160 dan berat sekarang cuman 45, miris banget ya  :D kaya yang bener-bener bokek banget :D.

Meskipun di rumah ada makanan saya engga pernah inisiatif buat ambil sekalipun itu makanan favorit. Saya paling makan 3 kali sehari sarapan, makan siang dan makan malem. Jarang banget saya ngemil sekalipun ngemil itu juga kepaksa kalau di tawarin temen kantor, selebihnya saya engga ada gairah buat pendekatan sama makanan.

Kata orang kalau puasa siang-siang liat makanan itu godaan terbesar, ah buat saya mah engga nafsu, bukannya kuat iman ya.... itu cuman gara-gara saya engga terlalu suka sama makanan, lebih milih quota dari pada makanan.

Orang bilang saya irit engga mau beli makanan, duh bukannya irit emang saya suka rasanya kelaparan. Orang bilang juga saya penyakitan kurus banget. kenyang banget tuh sama omongan orang yang terakhir, saya udah coba rubah diri saya buat makan  banyak dan ngemil juga yang ada saya pengen muntah. Saya coba pake obat nafsu makan kianpi kaya postingan saya sebelumnya, emang nafsu cuman itu sementara beres obatnya abis ya balik lagi saya engga mau makan badan juga jadi kecil lagi.

Bulan Juli kemaren saya kawatir banget soalnya saya belum haid, tapi saya yakin saya engga hamil ko. Toh saya yang lakuin pasti saya inget engga mungkin kalau hamil, suami udah galau takutnya ada masalah, akhirnya dia bikin janji sama dokter kandungan.

Dan terjadi lagiiii (nyanyi), saya pergi ke dokter kandungan di masukin spekulum lagi :(
Dokter ini engga selembut dokter sebelumnya, nanganin pasiennya kasar meskipun orang nya yaaaaaa engga kasar, malahan ramah.

Sakit banget, ini udah kaya tes pap smear yang kedua tahun ini.
Saya engga teriak atau komplain soalnya saya tau si dokter cuman lagi jalanin tugasnya, suami ikut masuk dia risih liat alat'' dimasukin dia kira itu engga sakit soalnya saya engga respon apa-apa.
Lagian saya udah pasrah deh pengen sembuh, selesai semua proses dari cek pake spekulum, di cek pake jari, di cek pake kaya stik biuat USG segala macem dia bilang rahim oke oke aja.

Di cek bagian dada takutnya ada cancer atau apa, hasilnya oke sehat.
Oh ya sebelumnya saya ditanya riwayat kesehatan, tinggi badan dan berat.
Dan akhirnya setelah semua proses dokter nya bilang saya harus makan 5 kali sehari karena berat badan saya yang kurang. Kemungkinan ini ganguan hormon,  penyebab kenapa haid saya engga teratur dan bulan Juli juga engga haid, dokternya bilang di eropa kalau beratnya 45 rata-rata mereka engga akan dapet menstruasi tiap bulan.
SEDIHHHHH

Saya kaget pas di suruh makan 5 kali , biasanya paling banyak saya 3 kali kalau lagi males-malesnya cuman makan sekali.

Sebelum pulang dari dokter dia suntikin obat supaya dalam 10 hari saya dapet menstruasi kalau masih belum saya harus kesana lagi :(.
Dia juga saranin saya beli obat kontrasepsi yang harganya mehong 350 ribu kalau di rupiah, mahal banget udah mah ini akhir bulan harus ngeluarin buat obat ginian.

Suami wanti-wanti supaya saya makan pas dia engga ada. Setelah pulang dari dokter saya coba buat makan banyak meskipun engga kuat rasannya pengen muntah. Jujur saya engga suka makanan eropa yang simple-simple itu yang kata orang itu uwow apalagi makanan yang kaya pizza atau spaghettiiiii saya kurang doyan. Berasa engga makan kalau belum makan-makanan yang gurih, jadi abis saya pulang dari dokter saya kebanyakan diem di dapur masak masakan indonesia, kadang endingnya sedih soalnya rasanya beda dari masakan Indonesia yang asli.

Jujur saya pengen berubah tapi itu engga mudah juga, engga seinstant mie instant ya. Saya udah risih tiap liat kaca ko keliatannya kecil banget padahal umur saya udah mau 23. Engga ngerti juga kenapa suami mau sama saya.

Saya juga takut keluar rumah, saya bisa diem di depan kaca lama, bukan buat keliatan cantik saya diem di depan kaca cuman buat yakinin diri saya
"di luar engga akan ada apa'' ko"
"kamu udah cantik"
"orang-orang engga akan liatin kamu ko"
"tenang aja engga akan ada yang jorokin / ngomongin kamu apalagi soal badan kamu".
Saya selalu ngerasa orang lain engga suka sama saya, ngomongin saya atau saya juga takut kalau saya bikin mereka risih kalau saya disana.


Dan yaaaa begitulah hadiah dari nikmatin rasa lapar itu bener-bener zonk, jadi kasian sama diri sendiri. Amanah badan sehat yang harus dijaga malah di sepelein yang akhirnya nyesel sendiri.
Semoga temen-temen di luar sana engga ada yang alamin pengalaman kaya gini ya.

Makan banyak meskipun kalian lagi banyak pikiran, kalau udah jadi kebiasaan engga makan nanti hadiahnya engga banget deh.

Wednesday, August 1, 2018

Pengalaman Tes Pap Smear di Ceko

August 01, 2018 0 Comments
Assalamu'alaikum...

Saya mau cerita pengalaman tentang pap smear.
Pap Smear ada yang tau ??
:D
Jadi gini lohhhh tes pap smear itu prosedur pengambilan sampel sel dari leher rahum untuk memastikan ada atau tidaknya aktifitas abnormal yang mengarah pada kanker serviks. 

Ceritanya sebulan setelah datang di Ceko saya punya janji sama dokter kandungan mau di cek segala macem, saya bukannya mau program hamil atau gimana emang prosedurnya di Ceko semua wanita minimal sekali dalam setahun harus dateng ke dokter kandungan, dokter gigi DLL. Engga ada salahnya juga ya itu demi kebaikan kita.
Ini bukan pertama kalinya saya pergi ke dokter kandungan, mungkin ini yang ke 9 kali setelah sebelumnya di Indonesia saya terapi hormon di salah satu dokter kandungan di Bandung bagi yang mau tau ceritanya bisa liat postingan saya sebelumnya :).


Waktu itu saya engga degdegan sih soalnya kirain cuman bakalan tes USG biasa, eehhhhhh tau nya pas masuk si suster nya nyiapin alat banyak banget panjang-panjang ngeri. Suami udah mulai liatin muka mulu sambil nanya mau balik aja ? :D
Yaaaa tanggung percuma balik juga, akhirnya saya masuk keruangan si dokter dan disuruh buka celana, dokter bilang suami harus tunggu di luar :D mungkin takut dia pingsan. :D


Pertama-tama dokter minta saya ngangkang kaya posisi orang yang mau lahiran, kalau engga tau google aja lah penuh kalau saya masukin foto ngangkangnya juga :D
Abis itu dokternya olesin gel gitu kaya pelumas supaya licin pas alat nya dimasukin ke vagina. Kaget banget liat alatnya panjang kaya mulut bebek dimasukin tuh ya benda asingnya, oh ya NOTE tes ini hanya untuk yang sudah menikah yaaa bagi para gadis dilarang. :D

  • Yang sudah menikah
  • Umur 21


Bentukan alatnya kaya gambar di bawah ini namanya spekulum, berguna memudahkan dokter membuka mulut vagina untuk melihat kondisi di dalemnya di bantu pake alat kaya pembesar juga mirip teropong (saya engga tau namanya apa) :D

Kalau ditanya sakit atau engga ya sedikit sakit sih tapi kalau kita relax engga akan terlalu sakit dan engga akan berdarah juga  :D.

Nah tahapnya setelah spekulum masuk itu 



Pertama :
Pengambilan sample jaringan pada mulut rahim bagian luar diambil jaringannya menggunakan spatula khusus jadi bukan spatula buat masak yeee :D
Engga sakit ko cuman berasa diketuk ketuk aja rahimnya.

Kedua :
Tahapan pap smear selanjutnya adalah dengan pengambilan sampel jaringan yang berada di bagian saluran mulut rahim serta bagian dalam rahim. Di sini tahapan ini dilakukan dengan menggunakan alat yang berbentuk seperti sikat menyerupai bentuk sapu yang kecil bernama Cytobrush.

Ketiga :
Spekulum yang tadi dipasang akan dilepas yang menandakan jika proses pap smear telah selesai. Saat proses pencopotan spekulum ini dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada bagian uterus dan ovarium kita. Dalam proses ini petugas hanya akan menggunakan tangannya untuk merasakan kedua bagian ini yang sebenarnya tidak dapat terlihat.

Keempat :
Setelah di cek dengan jari dokter juga bakalan masukin benda panjang gitu engga tau apa namanya ke dalam vagina mirip USG, jadi kita bisa liat kondisi di dalem rahim kita.

Kelima
Di copot ya semua alatnya :D kemudian dokter bakalan membawa sample tes itu ke laboratorium, butuh waktu sebulan untuk tau hasil tes nya. Dan alhamdulilah hasil tes saya ok engga ada masalah apapun di rahim.

Untuk biaya saya kurang tau kalau bayar sendiri soalnya saya disini pake asuransi, tapi dulu pas masih di indonesia katanya lumayang mehong sekitar 400 ribu,

Tes PAP SMEAR ini di peruntukan untuk 
Kalau di Indonesia ada syaratnya sebelum tes engga boleh berhubungan suami istri selam 2/3 hari, tapi di Ceko bebas sih engga ada syarat apapun.

Dan menurut faktakanker.com 


"fungsi dari tes pap smear ini dilakukan sebagai upaya dini mendeteksi adanya sel-sel yang tidak normal yang selanjutnya dapat mengetahui apakah seorang wanita menderita kanker serviks atau tidak. Penderita kanker serviks stadium 1 pada umumnya tidak akan merasakan gejala-gejala tertentu. Sehingga dikhawatirkan, kanker serviks tanpa pap smear akan didiagnosa saat sel-sel kanker sudah memasuki stadium yang lebih lanjut. Pada saat kanker serviks stadium 4, pengobatan biasa akan menjadi kurang efektif karena seperti kita ketahui, penyakit kanker belum ada obatnya.
Dengan melakukan pap smear, seorang akan lebih cepat mengetahui apakah ia memiliki sel-sel serviks yang abnormal aatau tidak. Pap smear ini adalah metode yang paling akurat seperti yang dikatakan oleh Organisasi Kanker Amerika meskipun hasilnya tidak dapat secara 100%. Tetapi, ketelitian serta keakuratan dari pap smear mencapai lebih dari 90% yang menandakan pap smear dapat menjadi sumber referensi valid terhadap kondisi sel serviks di dalam tubuh seorang wanita.
Untuk itu, seperti yang dianjurkan oleh Organisasi Kanker Amerika, wanita berusia 21 tahun atau lebih untuk melakukan pap smear segera. Sehingga dia bisa terhindar dari ganasnya kanker serviks yang jelas dapat merugikan banyak hal dalam hidup seorang wanita sampai dapat menyebabkan kematian. Segeralah berkonsultasi pada dokter anda. Lakukan pap smear dan andapun akan terhindar dari kemungkinan besar terserang penyakit kanker serviks. Inilah yang diharapkan menjadi perhatian bagi setiap wanita agar dapat mengupayakan pencegahan kanker serviks. Karena kanker serviks seperti kanker lainnya, menjadi penyebab tinggi kematian banyak wanita."

Jadi begituuuuu soal tes pap smear semoga ngasih gambaran buat yang mau tes :D jangan nervous ya :D

Tuesday, July 31, 2018

Pikirkan Dengan Serius Sebelum Memutuskan Untuk Menikah Muda

July 31, 2018 1 Comments

Assalamualaikum..

Nikah Muda, bagi sebagian orang terdengar bodoh. Usia muda yang seharusnya dihabiskan untuk melakulan banyak pencapaian bagi diri sendiri dan memberikan sedikit kado kecil untuk kedua orang Tua. Tapi kita tidak bisa menyalahkan orang lain yang memutuskan menikah di usia muda, itu merupakan hak mereka.

Saya disini bukan ingin mengeluh, tapi saya ingin memberikan semangat bagi kawan" di luaran sana yang masih sendiri dan merasa hampa tanpa adanya pasangan hidup disisinya, Percaya deh itu yang terbaik dari tuhan untuk saat ini.

Saya memutuskan untuk menikah di usia 21 tahun, tanpa berpikir panjang saya mantap dengan keputusan saya tanpa benar" memikirkan semuanya.

Yang ada di pikiran saya saat itu adalah bagaimana caranya bisa bersama orang yang saya cintai. Mendengar setiap ceramah yang intinya menikah muda itu ibadah, membuat saya merasa ada tempat berlindung dari pandangan miring orang" tentang menikah muda.

Saya mungkin kebanyakan nonton film yang biasanya hanya menceritakan sisi baik dari pernikahan. Membuat kita (oh atau mungkin saya aja) berangan-angan akan pangeran tampan yang datang dengan kuda putihnya.

Hidup tidak seindah dan semudah itu, tidak bisa dipungkiri juga banyak pasangan muda yang bahagia dengan pernikahannya atau mungkin orang tua kita dulu yang menikah di usia muda buktinya bisa tetep langgeng sampai jadi nenek kake.

Tapi apa kalian mau melemparkan dadu kehidupan kalian dan berpikir kitapun akan mendapatkan hal yang sama seperti yang orang lain dapatkan. Rasanya, terlalu beresiko, saya tidak menyesal tapi saya belajar banyak hal dari setiap keputusan yang saya ambil saya merasa bisa berpikir lebih dewasa sekarang di bandingkan dengan saya yang dulu.

Saya merasa teman-teman saya diluaran Sana khusus yang masih sendiri karena kalau saya bicara seperti ini untuk teman" yang sudah memiliki pasangan kemungkinan mereka tidak akan begitu peduli karena sayapun dulu ada di posisi mereka dan saya merasa nasihat seperti ini hanya nasihat belaka.

Tapi untuk teman" yang masih single yang Paling saya sayangi, belajar dari pengalaman orang lain tanpa kalian harus mengalaminya itu adalah hal yang sangat bijak.

Menikah bukan hanya perkara cinta, Karena setelah menikah apa yang dulu di sembunyikan akan terbuka sampai ke akar"nya. Cinta bisa lenyap dengan izin sang penggenggam hati.

Jadi inget kata guru yang pernah bilang cari pasangan hidup nomor satu itu agamanya. Karena siapa pun yang peduli dan mencintai tuhannya pasti mereka akan memperlakukan kalian dengan sama. Tidak perlu di stalking atau pasang CCTV karena Jika mereka tau tuhan mereka melihat, jauh dari pikiran mereka untuk melakulan hal yang tuhan atau pasangannya benci.

Mengumpulkan bekal ilmu sebanyak-banyaknya menjadi lebih dekat dengan pencipta merupakan hal yang sangat perlu kita lakukan, jangan pernah mengeluhkan masalah jodoh ini kepada manusia yang tidak tepat mungkin mereka hanya akan mengolok-olok kita. Mungkin di depan terlihat ikut bersedih tapi dibelakang kita?, mereka sebarkan masalah itu kepada yang lain, intinya jangan mau dikasihani orang lain yang sebenarnya kebanyakan dari mereka hanya mengolok-ngolok sekalipun kita sangat ingin mengadu, berceritalah pada tuhan yang memiliki yang mengetahui segalanya.

Asal kalian tau, menikah bukan lah hal yang mudah butuh ilmu. Dan ilmu yang terpenting itu ilmu agama, karena saat kita menikah masalah akan datang silih berganti dibutuhkan pribadi-pribadi yang kuat dan konsisten. Bukan yang hanya akan bertahan di saat senang, tapi pribadi yang benar-benar berdiri menguatkan satu sama lain. Semua ini hanya akan muncul jika kita mengenal tuhan kita, mengenal siapa sang pengendali semuanya, keyakinan kepada Allah itu harus dimulai dari waktu single.

Tidak usahlah grusak-grusuk pengen cepet dapet target menikah kaya temen-temen lain, hal yang paling penting perbaiki diri dan siapkan segalanya sebelum terlambat karena menikah itu seperrti tiket satu kali jalan, meskipun disana bisa saja ada kata cerai namun kehidupan kita akan sangat berbeda setelah itu.

Nikmati setiap proses menjadi baik, jangan jadikan "nikah itu ibadah" sebagai alasan yang hanya keluar dari mulut. Coba untuk membahagiakan diri sendiri dan jangan menyandarkan kebahagiaan kalian tergantung pada pernikahan atau pasangan kalian. Jujur deh kalau kalian hanya berharap untuk bisa mendapatkan kebahagian dari manusia yang ada kalian hanya akan kecewa.

Kita belajar bersama-sama dari sekarang melakukan semuanya untuk ibadah sampai saatnya nanti di waktu yang menurut Allah tepat untuk kita menikah, kita sudah memiliki bekal keyakinan bahwa segalanya ibadah. Kalimat ini suatu saat akan benar-benar tertanam dalam diri bukan hanya sekedar modus yang kita pikir ampuh untuk mendapatkan izin dari orang tua.

Saya belajar dari pengalaman dan saya pikir bahwa keyakinan kepada Allah ini benar-benar sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan terutama dalam pernikahan.

Kecewa, sedih, merasa tak dihargai  akan selalu ada dan itu manusiawi jika kita merasakannya, tapi jika kita tahu bahwa semua ini tidak akan sia-sia, akan ada balasan yang indah jika kita melakukannya atas nama Allah kita tidak akan terpuruk di pojokan
.

Jadi jalani fase kehidupan kalian sekarang dengan bahagia jangan terhasut oleh postingan instagram yang membuat pernikahan seakan-akan sebuah perlombaan. Allah tau kapan waktu yang tepat, mungkin Allah masih menunggu kita lebih dekat dengannya sebelum dia berikan pasangan yang baik. Jangan pernah berputus asa :)
BE HAPPY


sumber gambar : https://www.pinterest.co.uk/pin/4503668358073852/?lp=true