Belajar Bahasa Ceko (Subjek dalam bahasa ceko)

October 19, 2018


Assalamu'alaikum ...

Kali ini aku bakalan sharing tentang pelajaran Bahasa Ceko yang aku dapet dari tempat kursus, sebenernya kemarin itu hari pertama aku masuk kelas. Setelah nunggu jadwal kelas ampir satu bulan setengah akhirnya kelasnya di mulai bulan ini. Aku kursus Bahasa Ceko di sebuah organisasi non-profit yang didirikan tahun 1991 di Praha, organisasi ini didirikan untuk membantu para orang asing yang tinggal di ceko terutama buat para refugee agar mereka bisa memiliki kehidupan yang sama seperti warga Ceko disini.

Oke jadi, kemarin kita diajarin hal yang basic banget kaya subjek, greetings, perkenalan. Gambaran sedikit tentang bahasa Ceko, di dalam bahasa ini kalau menurut aku banyak banget peraturan yang harus kita inget sebuah kata kerja akan berubah bentuknya untuk Feminine, masculine dan neuter, Bentuk jamak pun berubah tidak semudah dalam Bahasa Inggris, tapi jangan jadiin alasan untuk menyerah ya. :D

Let's jump to the point !!! :D

Greetings dalam bahasa Ceko disebut "Pozdravy"
Ada beberapa bentuk untuk greetings ini, untuk formal dan informal contohnya :

Formal

Dobrý den : Good day
Dobré ráno : Selamat pagi
Dobré dopoledne : Bentuk ini seperti selamat pagi tapi hanya untuk  jam 9 pagi sampai jam 12
Dobré poledne : Diucapakan jam 12 siang
Dobré odpoledne : Diucapkan dari jam 12 siang sapai jam 5 sore
Dobrý večer : Kalau dalam bahasa inggris ini artinya good evening
Dobrou noc : Kalau yang ini kita ucapin saat mau berpisah mau pergi tidur
Na shledanou : Ini artinya selamat tinggal

Informal

Ahoj : Hi, helo / Selamat tinggal
Čau : Hi, helo  / Selamat tinggal
Nazdar : Hi, helo
Zdar : Hi, helo

Aku tulisin subjek dalam basaha ceko ya.. yang aku bold itu bentuk "to be" nya

jsem  : I am / Aku adalah
Ty jsi : You are / Kamu adalah
On je : He is / Dia (m) adalah
Ona je : She is / Dia (f) adalah
Ono je : It is / Itu adalah
Vy jste : You are (plural) / Anda / kalian adalah
My jsme : We are / Kita adalah
Oni jsou : They (m) are / Mereka adalah  
Ony jsou : They (f) are /  Mereka adalah  
Ona jsou : They (n) are / Mereka adalah

Oke yang ini contoh memperkenalkan diri, di postingan selanjutnya aku bakalan share tentang bentuk negativ dari "to be"  di atas dan angka ya .... :)

Jmenuji je se Riri Yuliani = Nama saya Riri Yuliani
Já jsem Riri Yuliani = Saya Riri Yuliani
Já jsem z Indonezie = Saya dari Indonesia
Bydlím v Plzní = Saya tinggal di Pilsen
Já jsem v Plzní 7 mešicu = Saya tinggal di Pilsen selama 7 bulan


note :
Z : dari
Bydlet : live
V : in

Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 comments