Persyaratan Mengurus Izin Tinggal Sementara di Ceko

October 22, 2018

Assalamu'alaikum semuanya..

Postingan hari ini aku bakalan sharing tentang apa aja sih persyaratan untuk mengurus izin tinggal sementara di Ceko.

Cerita sedikit aku dulu apply visa buat ke Ceko pake visa turis pertamanya yang disertai surat sponsor dari suami setelah sampai di Ceko aku apply buat izin tinggal. Nah surat sponsor ini bisa dibilang juga surat sakti, soalnya tiap cek di imigrasi bandara mereka engga tanya ticket pulang ke indonesia selama aku tunjukin surat sponsor dari suami.

Kalau kalian case nya sama kaya aku, bisa ikutin cara aku aja insyaallah lancar.

Hal pertama yang kalian harus siapin adalah :


  1. 2 Foto (WNI) ukuran paspor
  2. Paspor (WNI)
  3. Paspor (suami WNA)
  4. Buku nikah asli
  5. Copy buku nikah yang sudah di legalalisir kementerian'' di Indonesia, kemudian di terjemahkan keadalam bahasa ceko dan di legalisir oleh notaris di Ceko
  6. Surat dari pemilik apartment yang menjelaskan bahwa kita benar tinggal di tempat mereka dengan rincian lengkap mengenai alamat, besar apartment dan harga, (surat ini bisa di minta ke pemilik apartment), jika kalian tinggal di rumah sendiri tinggal lampirkan surat keterangan mengenai rumah tersebut.
  7. Formulir yang bisa di dapat di kantor imigrasi Ceko

Untuk persyaratannya cukup 7 hal di atas. Setelah 3 bulan mereka akan datang ke alamat kita, pastikan ada orang di rumah soalnya dalam beberapa kasus mereka datang tanpa menelpon. Selanjutnya dalam sesi wawancara saat mereka datang, mereka akan mengecek apartment tsb, bertanya tentang data kita dan sudah berapa lama kita tinggal di Ceko. Mereka bisa berbahasa Inggris tapi jika disana ada ibu mertua atau suami yang bisa berkomunikasi dengan bahasa ceko mereka lebih milih pake bahasa ceko. :)

Lamanya interview hanya 30 menit setelah itu mereka akan pergi, step selanjutnya kita hanya perlu menunggu telfon dari mereka saat ijin tinggal kita sudah jadi.

Untuk info jika kita pindah rumah atau ada perubahan sekecil apapun dalam  data kita, kita harus segera melaporkannya ke kantor imigrasi.

Contohnya aku pas pindah rumah, aku harus lampirin surat keterangan dari owner yang baru untuk perubahan data di imigrasi, jangan sampai telat kalau kita telat mereka bakalan ngomel dan yang pasti memperlambat proses izin tinggal kita.

Waktu tunggu untuk izin tinggal ini kurang lebih 6 bulan dan akhirnya izin tinggalpun jadi tapi belum sampai di situ, setelah izin tinggal jadi kita harus menunggu untuk nomor keluarga (rodne cislo) nah untuk nomor keluarga ini ditunggu selama sebulan dan setelah itu selesailah urusan kita di imigrasi. 

Ijin tinggal akan berlaku untuk 5 tahun bisa keluar masuk untuk seluruh wilayah eropa, kalau kalian pulang ke Indonesia engga usah pergi ke kedutaan Ceko lagi kalau mau balik ke Ceko yaa.

INGAT jika ada perubahan alamat atau apapun harus segera melapor ke IMIGRASI ...

Ini foto izin tinggal aku di ceko 


Semoga bermanfaat infonya kalau ada yang mau ditanyakan bisa email ya :)

You Might Also Like

0 comments