Belajar Bahasa Ceko (bentuk negative untuk subjek)

October 24, 2018


Assalamu'alaikum....

Seperti janji aku sebelumnya kali ini aku bakalan sharing tentang bentuk negatif untuk subjek dalam bahasa ceko.
Di dalam bahasa Ceko kita hanya perlu menambahkan NE- di depan kata tersebut contohnya
Nejsem : Saya Bukan / I am not
Nejsem z Vietnamu : Saya bukan dari Vietnam / I am not from Vietnam

Vocab
Student : murid
Učitel(m) / Učitelka(f) : guru
Cizinec(m) / Cizinka(f) : orang asing pendatang

langsung aja untuk bentuk negativ subjek dengan diawali NE-

(+)
Já jsem : Saya adalah
Ty jsi : Kamu adalah
On je : Dia (m) adalah / He is
Ona je : Dia (f) adalah / She is
Ono je : Dia (n) adalah / It is
Vy jste : Anda adalah / You are
My jsme : Kita adalah / We are
Oni jsou : Mereka (m) adalah / They are
Ony jsou : Mereka (f) adalah / They are
Ona jsou : Mereka (n) adalah / They are

(-)
Nejsem : Saya bukan / I am not
Nejsi : Kamu bukan / You are not
Není (on,ona,ono) : Dia bukan / She,he,it is not
Nejste : Anda bukan / You are not
Nejsme : Kita bukan / We are not
Nejsou (oni,ony,ona) : Mereka bukan / They are not

Contoh :
Nejsem student : Saya bukan seorang murid / I am not a student
Nejsem učitelka : Saya bukan seorang guru / I am not a teacher
Není cizinka : Dia bukan seorang guru / I am not foreigner
Nejsou moje rodina : Mereka bukan keluargaku / They are not my family


Untuk bentuk negativ biasanya tidak di sebutkan subjek di depannya kecuali jika ingin menekankan sesuatu contohnya
Já nejsem muž, Já jsem žena : I am not a man, I am a woman.

Oke segitu dulu untuk postingan kali ini, di postingan selanjutnya aku bakal bahas bentuk negativ pada kata kerja. :))))
Semoga bermanfaat



You Might Also Like

0 comments