MENDAFTARKAN PERNIKAHAN DI CEKO

October 08, 2018



Assalamu'alaikum...

Setelah kumpulin niat buat nulis lagi akhirnya terlaksana juga. Hari ini aku bakalan sharing pengalaman mendaftarkan pernikahan kawin campur di negara Ceko, persyaratannya mudah engga ribet plus pelayanan mereka juga bagus beda dengan di Indonesia di sebagian tempat oknum-oknumnya suka bikin ribet dari tingkat RT sampai KUA suka minta yang aneh-aneh kalau mereka tahu kita nikah sama WNA. 

Okay langsung aja persyaratan yang harus kalian siapin 

  1. Copy buku nikah yang udah di legalisir oleh (KUA, KEMENAG, KEMENKUMHAM, KEMENLU dan KEDUTAAN CEKO) kemudian di terjemahin ke dalam bahasa Ceko yang mana translatornya cuman ada di Ceko (waktu itu aku minta translatornya buat kopiin dua kali dokumen yang udah di terjemahin plus dua-duanya di cap juga sama dia soalnya 1 dokumen buat kebutuhan daftarin ijin tinggal dan 1 lagi buat daftarin pernikahan), step terakhir di legalisir oleh notaris di Ceko copy buku nikahnya. Harga legalisir di notaris sekitar 500 kc per dokumen.
  2. Copy akta kelahiran WNI yang udah dilegalisir oleh (CAPIL, KEMENKUMHAM, KEMENLU DAN KEDUTAAN CEKO), akta kelahiran ini engga usah di terjemahin. 
  3. Copy passport WNI.
  4. Mengisi form yang diberikan oleh kantor pencatatan pernikahan di Ceko yang disebut (MATRIKA), MATRIKA ini ada di setiap kota di Ceko jadi tidak usah jauh-jauh pergi ke PRAHA untuk yang tinggal di kota lain.
  5. ID card suami.
  6. 2 Photo background putih ukuran buat visa ini cuman buat jaga-jaga soalnya di beberapa wilayah di Ceko ada yang minta ada yang engga.
Prosesnya gampang langsung bawa aja semua dokumen yang di atas ke alamat matrikanya engga usah bikin appoinment sebelumnya, nanti disana kita cuman tinggal ambil nomor antrian dan antriannya juga engga panjang paling ada 2 atau 3 orang.


Nanti disana kita engga akan ditanya macem-macem cuman disuruh kasihin dokumen yang aku tulisin diatas dan isi formulir yang mereka kasih, proses di matrika cuman 30 menitan.

Butuh 6 bulanan paling cepet sampai pernikahan kita bisa terdaftar di Ceko, dan hari ini alhamdulilah setelah 7 bulan kurang aku nunggu akhirnya mereka telfon dan minta aku ambil sertifikat pernikahan kita yang sudah terdaftar di Ceko.

Untuk proses legalisir di setiap kementrian udah aku share di postingan sebelumnya jadi tinggal di search aja ya.
Oke segitu aja dulu kalau ada pertanyaan langsung kirim pesan aja insyaallah siap membantu. 😊



Pic : https://www.desiringgod.org/articles/nine-words-for-every-marriage

You Might Also Like

1 comments

  1. Hello
    Mba,bisa minta email or contact nya ?
    Mau nanya ttg ngurus nikah 😂
    Thank you

    ReplyDelete