Warna Warni Kehidupan di Ceko 1

August 13, 2018



Assalamu'alaikum...

Sejak saya tinggal di sini, saya paling suka liatin gerak-gerik orang'' disini, maklum udiknya masih nempel kuat. Liat bule aja saya masih nganga meskipun engga sebegitu nganga kaya di awal-awal.
Saya bakalan ceritain warna warni kehidupan di Ceko bertahap yaa.. ini part I nya hehehh.
Yang pertama saya awalin dengan merokok.

Merokok 


Disini hampir semua orang merokok baik pria atau wanitanya (saya bilang hampir yaaa soalnya saya belum nemuin temen yang engga ngerokok kecuali mertua saya).

Pernah seminggu yang lalu liat anak kecil lagi nunggu bus sama orang tuanya, anaknya lucu banget rambutnya panjang, cantik dan pipinya merah cuman dia kaya lagi meraktekin ngerokok gitu. Mungkin liat contoh orang-orang di sekitarnya. hmmm kalau di Indonesia udah di omongin sekampung. Tong sampah umum juga biasanya dipenuhin sama puntung rokok plus botol'' minuman beralkohol.

Eh .. Kan ada anggapan orang yang merokok biasanya badannya kurus, tapi disini badannya subur-subur loh.Mungkin emang gen nya gede-gede.

GYPSY

disini juga ada bule yang engga mirip orang eropa mereka jatohnya mirip orang keturunan arab atau india gitu, kulitnya juga engga seputih orang Ceko pada umumnya, rambut mereka juga engga pirang malah hitam mirip kaya rambut saya. Postur tubuhnya juga engga setinggi orang Ceko. Suami bilang mereka itu orang-orang gypsy, orang gypsy ini cenderung dipandang negative karena mereka di anggap malas. Jadi kalau engga salah sejarahnya para gypsy ini asalnya dari india barat terus bermigrasi ke wilayah-wilayah eropa.
Postur mereka subur-subur meskipun masih muda artian subur yang beda dengan subur orang Ceko yaa...

ORANG VIETNAM



Selain orang Ceko Asli, Gypsy ada juga orang-orang Vietnam. Orang Vietnam merupakan imigran terbesar ke tiga di Ceko setalah yang pertama Slovakia, Ukraina. Pada sensus tahun 2011 orang vietnam ini ada 83000 mungkin sekarang udah bertambah ya..

Orang vietnam disini biasanya memiliki toko kecil seperti alfa**** namun lebih kecil, namanya "Potraviny" mereka buka dari jam 7 sampai jam 8, mereka juga buka dari senin sampai minggu beda dengan beberapa supermarket di Ceko terutama di kota Plzen yang saya tempati yang hanya buka senin sampai jumat.

Harga di orang Vietnam ini bervariasi tiap tokonya, mungkin bersaing lah yaa. kadang di toko A telur lebih murah tapi susunya mahal dan di toko B telurnya mahal susunya yang murah. Beda harganya sama kaya di Indonesia cuman 5 kc di tiap toko.

Disini saya belum pernah liat orang cina engga tau kenapa, saya pernah coba tanya suami katanya ada cuman sangat sedikit jumlahnya.
Sebenernya orang Vietnam ini wajahnya mirip kaya orang cina juga sih, engga tau cara bedainnya gimana. :D

PARA LANSIA YANG PANJANG UMUR





Saya perhatiin juga di Ceko banyak lansia, umurnya panjang-panjang kayanya. :D Mungkin karena makanan atau budaya jalan kaki juga alesan mereka panjang umur
Mereka biasanya pergi belanja sendiri dengan ciri khas rambut putih penuh uban yang di cepak. Para lansia ini biasanya tinggal di sudut sudut kota yang tenang dengan bangunan apartment yang tidak terlalu tinggi, mungkin supaya engga terlalu capek naik turun tangga ya :D Disini juga ada acara buat para lansia kaya party gitu mereka pada joged'' ( joged ala lansia jangan bayangin jogednya trio macan). Mereka ini punya geng lohh jadi bukan yang muda aja, buktinya pas pertamna saya datang di Doubravka saya punya tetangga yang udah sepuh, mereka ramah-ramah. Seminggu setelah sampe di Doubravka, waktu itu saya pergi namu ke rumah neneknya suami. Dia bilang udah menyebar lohhh kabar ada orang asing baru yang mukanya engga mirip orang vietnam atau orang china :D ternyata tetangga saya yang sepuh itu udah cerita ke geng lansianya di kota Plzn :D

KEHIDUPAN BEBAS DI CEKO

Terus disini itu meskipun kalian belum menikah, bisa tinggal bersama loh.. terserah deh mau tidur bareng atau gimana disini engga ada yang usik. Maklum lah ketemu tetangga di bangunan apartment yang sama juga jarang banget, mereka hidupnya individualis.


Pernah satu waktu naik trollybus sama suami, pas saya mau beli ticket di mesin ticketnya ehh tiba-tiba malah ada pasangan yang lahunan ngehalangin tuh mesin, mesra-mesraan gitu. :D
Mau bilang "permisi saya mau pake mesinnya malu, malah kita yang risih".

Jadi mau bermesraan dimanapun ok ok aja disini, mau di pinggir jalan, mau di halte apalagi dirumah mah bebas hmmmm. Mau sampai punya anak sebelum nikah juga udah hal yang lumrah kayanya engga bakalan disebut anak haram :D
Beda negara beda budaya ya..

Kalau di Indonesia bisa tiap minggu ada nikahan, :D
Disini sunyi sepi :D

Saya biasanya kalau liat yang lagi mesra-mesraan gitu suka nganga :D berasa nonton film romantis ahhahah kalau engga ditegur suami bisa manteng liatin mereka terus.

Postingan kali ini segini dulu ya berhubung saya harus ke pasar, saya lanjut ceritanya di postingan selanjutnya.

You Might Also Like

2 comments

  1. Hihihi jangan nganga liatin yang pacaran gitu, mbak. Nanti ada laler masuk hahaha Salam kenal, ya. Duh Ceko itu bikin aku tertarik gara-gara sensasi timnas sepakbolanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhaha ga tau nih mba apalagi kalau liat yang cantik sama ganteng, masih udik :D ko mereka bisa Kaya boneka gitu muka nya :D Aku malahan engga Tau tímnas nya mba Kirain engga ada tímnas soalnya di TV lebih sering hockey atau rugby :D salam kenal hayu main kesini nanti Aku ajak ke supermarket ahahhaha

      Delete