Pengalaman Tes Pap Smear di Ceko

August 01, 2018

Assalamu'alaikum...

Saya mau cerita pengalaman tentang pap smear.
Pap Smear ada yang tau ??
:D
Jadi gini lohhhh tes pap smear itu prosedur pengambilan sampel sel dari leher rahum untuk memastikan ada atau tidaknya aktifitas abnormal yang mengarah pada kanker serviks. 

Ceritanya sebulan setelah datang di Ceko saya punya janji sama dokter kandungan mau di cek segala macem, saya bukannya mau program hamil atau gimana emang prosedurnya di Ceko semua wanita minimal sekali dalam setahun harus dateng ke dokter kandungan, dokter gigi DLL. Engga ada salahnya juga ya itu demi kebaikan kita.
Ini bukan pertama kalinya saya pergi ke dokter kandungan, mungkin ini yang ke 9 kali setelah sebelumnya di Indonesia saya terapi hormon di salah satu dokter kandungan di Bandung bagi yang mau tau ceritanya bisa liat postingan saya sebelumnya :).


Waktu itu saya engga degdegan sih soalnya kirain cuman bakalan tes USG biasa, eehhhhhh tau nya pas masuk si suster nya nyiapin alat banyak banget panjang-panjang ngeri. Suami udah mulai liatin muka mulu sambil nanya mau balik aja ? :D
Yaaaa tanggung percuma balik juga, akhirnya saya masuk keruangan si dokter dan disuruh buka celana, dokter bilang suami harus tunggu di luar :D mungkin takut dia pingsan. :D


Pertama-tama dokter minta saya ngangkang kaya posisi orang yang mau lahiran, kalau engga tau google aja lah penuh kalau saya masukin foto ngangkangnya juga :D
Abis itu dokternya olesin gel gitu kaya pelumas supaya licin pas alat nya dimasukin ke vagina. Kaget banget liat alatnya panjang kaya mulut bebek dimasukin tuh ya benda asingnya, oh ya NOTE tes ini hanya untuk yang sudah menikah yaaa bagi para gadis dilarang. :D

  • Yang sudah menikah
  • Umur 21


Bentukan alatnya kaya gambar di bawah ini namanya spekulum, berguna memudahkan dokter membuka mulut vagina untuk melihat kondisi di dalemnya di bantu pake alat kaya pembesar juga mirip teropong (saya engga tau namanya apa) :D

Kalau ditanya sakit atau engga ya sedikit sakit sih tapi kalau kita relax engga akan terlalu sakit dan engga akan berdarah juga  :D.

Nah tahapnya setelah spekulum masuk itu 



Pertama :
Pengambilan sample jaringan pada mulut rahim bagian luar diambil jaringannya menggunakan spatula khusus jadi bukan spatula buat masak yeee :D
Engga sakit ko cuman berasa diketuk ketuk aja rahimnya.

Kedua :
Tahapan pap smear selanjutnya adalah dengan pengambilan sampel jaringan yang berada di bagian saluran mulut rahim serta bagian dalam rahim. Di sini tahapan ini dilakukan dengan menggunakan alat yang berbentuk seperti sikat menyerupai bentuk sapu yang kecil bernama Cytobrush.

Ketiga :
Spekulum yang tadi dipasang akan dilepas yang menandakan jika proses pap smear telah selesai. Saat proses pencopotan spekulum ini dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada bagian uterus dan ovarium kita. Dalam proses ini petugas hanya akan menggunakan tangannya untuk merasakan kedua bagian ini yang sebenarnya tidak dapat terlihat.

Keempat :
Setelah di cek dengan jari dokter juga bakalan masukin benda panjang gitu engga tau apa namanya ke dalam vagina mirip USG, jadi kita bisa liat kondisi di dalem rahim kita.

Kelima
Di copot ya semua alatnya :D kemudian dokter bakalan membawa sample tes itu ke laboratorium, butuh waktu sebulan untuk tau hasil tes nya. Dan alhamdulilah hasil tes saya ok engga ada masalah apapun di rahim.

Untuk biaya saya kurang tau kalau bayar sendiri soalnya saya disini pake asuransi, tapi dulu pas masih di indonesia katanya lumayang mehong sekitar 400 ribu,

Tes PAP SMEAR ini di peruntukan untuk 
Kalau di Indonesia ada syaratnya sebelum tes engga boleh berhubungan suami istri selam 2/3 hari, tapi di Ceko bebas sih engga ada syarat apapun.

Dan menurut faktakanker.com 


"fungsi dari tes pap smear ini dilakukan sebagai upaya dini mendeteksi adanya sel-sel yang tidak normal yang selanjutnya dapat mengetahui apakah seorang wanita menderita kanker serviks atau tidak. Penderita kanker serviks stadium 1 pada umumnya tidak akan merasakan gejala-gejala tertentu. Sehingga dikhawatirkan, kanker serviks tanpa pap smear akan didiagnosa saat sel-sel kanker sudah memasuki stadium yang lebih lanjut. Pada saat kanker serviks stadium 4, pengobatan biasa akan menjadi kurang efektif karena seperti kita ketahui, penyakit kanker belum ada obatnya.
Dengan melakukan pap smear, seorang akan lebih cepat mengetahui apakah ia memiliki sel-sel serviks yang abnormal aatau tidak. Pap smear ini adalah metode yang paling akurat seperti yang dikatakan oleh Organisasi Kanker Amerika meskipun hasilnya tidak dapat secara 100%. Tetapi, ketelitian serta keakuratan dari pap smear mencapai lebih dari 90% yang menandakan pap smear dapat menjadi sumber referensi valid terhadap kondisi sel serviks di dalam tubuh seorang wanita.
Untuk itu, seperti yang dianjurkan oleh Organisasi Kanker Amerika, wanita berusia 21 tahun atau lebih untuk melakukan pap smear segera. Sehingga dia bisa terhindar dari ganasnya kanker serviks yang jelas dapat merugikan banyak hal dalam hidup seorang wanita sampai dapat menyebabkan kematian. Segeralah berkonsultasi pada dokter anda. Lakukan pap smear dan andapun akan terhindar dari kemungkinan besar terserang penyakit kanker serviks. Inilah yang diharapkan menjadi perhatian bagi setiap wanita agar dapat mengupayakan pencegahan kanker serviks. Karena kanker serviks seperti kanker lainnya, menjadi penyebab tinggi kematian banyak wanita."

Jadi begituuuuu soal tes pap smear semoga ngasih gambaran buat yang mau tes :D jangan nervous ya :D

You Might Also Like

0 comments