Resep Ayam Tepung Panir

July 18, 2018


Assalamu'alaikum...

Sekarang saya bakalan sharing resep ayam tepung panir, sebenernya si ayam tepung panir ini ada namanya cuman saya lupa jadi saya bilangnya ayam tepung panir ahahhaha .

Si ayam ini resep darurat, kenapa di bilang darurat karena engga ribet sama bumbu. Saya orangnya engga bisa ngira-ngira kalau bumbu terus disini juga kalau mau masak suka bingung bumbunya kurang lengkap (maklum saya bisa nya masak masakan kampung dari daerah saya) kalu masakan yang eropa kaya gitu-gitu saya belum bisa terus engga terlalu cocok sama lidah kampung saya yang biasa makan peda yang di tim.

Alhasil kalau lagi bingung saya masak ayam tepung panir ini, bahan yang harus di siapin


  • Ayam tanpa tulang kalau bahasa inggrisnya chicken fillet biasanya saya dada ayam tanpa tulang. (bukan filler ya)ahahhah
  • Bawang putih bubuk / bawang putih biasa di sesuain sama banyak nya ayam dua atau tiga biji
  • Garam sejumput aja jangan banyak banyak nanti asin
  • Merica bubuk
  • MSG kalau mau, tapi saya engga pake
  • Telor dua biji kalau ayamnya cuman seperempat
  • Tepung beras / tepung biasa
  • Tepung panir
  • Jeruk nipis



  1. Pertama cuci ayam terlebih dahulu terus balur dengan jeruk nipis yang sudah di peras (jadi bukan korban begal aja yang di peras jeruk nipis juga di peras) *apasih* 😆
  2. Potong ayam memanjang seperti daging untuk steak tapi sesuai selera sih kadang saya engga dipotong supaya tebel dagingnya.
  3. Setelah di potong balur ayam dengan garam, merica, bawang putih bubuk/ bawang putih yang sudah di geprek atau di potong dadu setelah itu remas-remas. 
  4. Kemudian masukan daging ayamnya ke tepung beras/ tepung biasa, guling-gulingkan sambil sedikit di tekan supaya menempel tepungnya, balur sampai rata (oh ya masukan sedikit garem juga ya ke tepung beras/tepungnya).
  5. Masukan daging yang sudah di balur dengan tepung ke wadah telur yang sudah di kocok, guling-gulingkan lagi ya :D
  6. Setelah itu masukan si daging ayam ke tepung panir guling-gulingkan juga ya sambil di tekan-tekan tapi jangan terlalu ditekan nanti daging nya depresi terus resign *curhat*
  7. Proses nya bisa dilakukan dua kali supaya kulit panir nya tebel, tapi saya sih males jadi sekali aja :D.
  8. Yang terakhir goreng dagingnya di teflon yang sudah di beri cukup minyak, ohh ya masukan dagingnya setelah minyaknya benar-benar panas yaaaa.
  9. Goreng sampai kecoklatan dengan api kecil.
  10. Terakhir beneran nihhh yang terakhir :D kalau udah kecoklatan bisa diangkat jangan lupa di makan bukan di didiemin aja :D.
Semoga bermanfaat cocok banget buat makan siang :D

You Might Also Like

0 comments