Pengalaman Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I bandung

October 13, 2017

Assalamualaikum ..

Saya mau cerita pengalaman bikin paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, ya ini paspor perdana buat saya flashback sedikit ya ibukibuk bulan lalu suami saya minta saya bikin paspor soalnya siapa tau kita terbang bulan depan jadi harus udah siap di tangan paspor nya. Hasil browsing sana-sini akhirnya saya pergi ke TKP sekitar jam 6 pagi soalnya pengalaman suami perpanjang visa sosial budaya disini ngantri nya panjang banget jadi harus datang nyubuh. Pas udah nyampe sana ada yang GANJIL  ko engga banyak orang yang ngantri tumben banget eh tau nya ada spanduk gede di depan pintu masuknya yang intinya UNTUK PENGAJUAN PASPOR harus pake sistem online ada aplikasi nya juga yang bisa di download dari app store (APLIKASI ANTRIAN PASPOR).

Akhirnya saya download app nya dan akhirnya setelah bikin akun langsung saya daftar buat dapetin nomor antrian, tunggu loading bentar dan tarrrraaa muncul jadwal kapan saya harus datang ke imigrasi plus ada barcode nya juga yang nanti bakalan di scan pas kita datang ke sana bisa di print juga jadwalnya atau cuman tunjukin aja barcode nya. Saya harus nunggu sebulan buat ini, daftar bulan September tgl 9 dan dapet jadwal buat paspor nya bulan Oktober tanggal 13.

Jadi jangan nge dadak soalnya nunggu antriannya aja sebulan tapi saya salut sekarang proses nya cepet engga harus desek desekan sama banyak orang buat dapet nomor antrian.

Saya datang sesuai jadwal yang ada di aplikasi plus bawa perlengkapan

  1. E-KTP / Resi E-KTP jangan lupa di copy depan belakang nya di kertas A4 kalau bisa di copy di tempat copyan biasa kalau di dalem buat selembar fotocopy KTP harus bayar 1000 sama jangan lupa bawa pulpen kalau beli disana harga pulpen yang biasanya 1500 bisa jadi 3500 (KTP lama udah engga berlaku, bakalan di tolak kalau pake ktp lama)
  2. Kartu keluarga asli (di copy 1 x)
  3. Akte kelahiran asli (di copy 1 x)
  4. Ijazah asli (di copy 1 x)
  5. Buku nikah (di copy 1 x)
  6. Materai 6000 
Dokumen asli sama dokumen copyan saya pisahin satu map buat yang asli satu map lagi buat yang copy. Nanti langsung dateng kesana minta form isian buat pengajuan paspor tempatnya deket pintu masuk engga jauh ko tepatya sebelah kiri. Nanti ada form isian data kita, sama form surat pernyataan yang harus diisi di bawah surat pernyataan tempelin materai 6000 nya, karena engga ada lem kertas buat nempelin materai saya jilat aja ngikutin bapa bapa yang di sebalah saya :D..

udah beres langsung kasihin ke petugas yang ada disebelah kiri deket pintu masuk sambil tunjukin barcode nya, disana nanti diperiksa semua kelengkapan dokumen plus dikasih nomor antrian buat interview dan pengambilan foto. Saya langsung pindah ke tempat tunggu yang ada di sebelah kanan deket pintu masuk buat interview saya dapet nomor antrian 41 tapi engga lama cuman nunggu 5 menit saya langsung di panggil. 

oh ya buat ibukibuk atau cewekcewek pake lipstick nya yang aga merah jangan yang nude kaya saya di foto nya saya keliatan pucet banget sama senyum dikit ya :D.

abis ditanya emang mau kemana kamu bikin paspor zzzz si bapanya kepo -_- 
terus di ceklis ceklis dokumen kita sama beliau, baru deh sesi foto abis itu nunggu bentar temen si bapa nya input data kita ke komputer sekitar 3 menitan lah. Semua udah selesai akhirnya saya dikasih resi sama keterangan buat bayar ke bank BIAYA UNTUK PASPOR BIASA 48 HALAMAN HARGANYA Rp. 355.000,- . Paspor bisa di ambil setelah 3 hari tapi saya dateng pas hari jumat jadi paspor baru bisa saya ambil hari rabu jangan lupa di bawa resi sama bukti pembayaran dari bank nya yaaaa.


Alhamdulilah akhirnya bakalan punya paspor semoga ada rezeki buat menuhin buku pasor nya :) 
semoga bermanfaat

You Might Also Like

2 comments

  1. Pasporku udah kadaluarsa, pernah bikin Mba heheheh
    Kapan2 mau bikin lagi ah, buat Umroh. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bikin lagi aja siapa tau ada Rezeki buat ngisi nya
      Aamiin Aku juga pengen umrahhh :D

      Delete