Pengalaman Mengurus Pernikahan Dengan Warga Negara Ceko di Bandung

June 28, 2017

Asaalamualaikum :)
Alhamdulilah puji syukur banget Bisa sharing pengalaman aku yang akhirnya lolos diujian pertama (birokrasi di kua) :)
Meskipun saya juga tau abis ini masih banyak lagi tantangan birokrasi tentang mix marriage ini kedepannya
Contohnya urusan perpanjang visa, perpanjang ticket pesawat nya legalisir legalisir dokumen yang memang Harus dinikmati setiap perjalanan nya kalau dipikirin bikin rambut rontok bin murudul hehe heh :D
Curcol dikit
Saya ketemu suami saya di fb Kenal sekitar 3tahunan yang akhirnya januari 2016 si akang memberanikan diri Dan dompetnya buat terbang ke bandung dari madinah.
Nah lohhh ko dari madinah ya? :D
Sabar Sabar ini bukan scammer, si akang lagi study di madinah setelah jadi mualaf di ceko Alhamdulilah
Libur semester Dia terbang ke sini Alhamdulilah Alhamdulilah dengan ijin Allah di pertemukan sama orang orang yang baik yang mau bantu si akang buat bicara serius Sama bapa saya, Ada keluarga yang baik hati dari Malaysia dan Indonesia yang mau direpotkan semoga Allah yang Alan membalas kebaikannya. :)
Dan akhirnya sepulang dari bandung Dia siap siap dokumen ampir setahunan sampai bulan kemarin terakhir minta ijin dari kedutaan :).
Balik ke judul Yaaaaa :D
Persyaratan yang Harus di siapin suami wna ceko :
  1. Copy Passport (bawa yang asli untuk ditunjukan ke KUA).
  2. Copy Visa (bawa yang ali untuk ditunjukan ke KUA).
  3. Copy Akte Kelahiran yang udah di translate ke bahasa Indonesia (bawa yang asli nya jangan lupa) akte ini cuman berlaku 6 bulan tapi suami udah tanggung bikin taun kemarin jadi udah kadaluarsa tapiiii sama pihak KUA nya engga di permasalahin lagian kita juga engga bilang itu udah kadaluarsa.
  4. Copy surat ijin menikah dari negara ceko ini sejenis CNI dari negara ceko kalau di Indonesia NA yang udah di terjemahin ya (jangan lupa bawa yang asli juga).
  5. Surat ijin menikah dari kedutaan ceko di Jakarta (pas wna nya sampe di indonesia lansgung ke jakarta urusin surat ini engga lama ko satu jam kurang nanti dikasih stempel dari kedutaan (nanti surat ini bakalan diminta yang aslinya sama KUA jadi harus di copy banyak.
  6. ID card suami cuman buat di tunjukin aja. 
  7. keterangan mualaf suami yang udah di terjemahin ke bahasa indonesia.
  8. TERAKHIR Foto aku lupa tapi kalau soal foto nanti di kasih tau sama pihak KUA :D
Pas semuanya udah ke kumpul kecuali ijin dari kedutaan tinggal minta suami scanin dokumen nya terus kirim ke email kita nanti di sini kita print bawa dokumen yang udah di print ke KUA pendaftarannya mendingan satu bulan sebelum nikah jadi bisa di lengkapin dokumen apa aja yang kurang

pengalaman suami ngurusin ini setaun soalnya dia sekolah di Madinah engga tinggal di Ceko dia cuman punya waktu tiga bulan di sana, urusin dokumen sana-sini sama translate kurleb 3 juta an harus ada di saku.
- dokumen udah daftar juga udah tinggal nungguin suami datang sama tunggu ijin nikah dari kedutaan ya, udah itu cawww ke KUA 
kalau di KUA nikahnya engga di pungut biaya free cuman ada uang kesadaran gitu dah waktu itu saya kasih 300 ribu .

semoga bermanfaat info nya 

You Might Also Like

1 comments