SURAT IJIN MENIKAH (Certificate of No Impediment to Marriage "CNI")

May 20, 2018

Assalamu'alaikum

Seperti janji saya sebelumnya sekarang saya bakalan share tentang CNI, di Indonesia CNI ini bisa di sebut juga NA nah di luar negri juga ternyata ada. Fungsi CNI / NA ini sebagai bukti tidak ada halangan untuk menikah bagi yang bersangkutan dokumen ini juga menjelaskan Bahwa yang bersangkutan masih single atau sudah bercerai.

Pengalaman suami saya WNA Ceko, surat CNI ini bisa di dapatkan dari kantor catatan sipil di kota suami saya tinggal di Kota Pilsen yang kemudian di legalisir oleh Kementerian / Departemen luar negri Ceko di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan yang terakhir di legalisir oleh Kedutaan Indonesia di Ceko.


(Contoh CNI dari negara Ceko)


(Contoh CNI dari negara Ceko)

Prosesnya untuk mendapatkan dokumen ini selama 30 hari di Catatan sipil dan Departemen luar negri di Ceko dan 2 atau 3 minggu di Kedutaan Indonesia. Setelah dokumen ini selesai langkah selanjutnya harus di terjemahkan ke dalam  Bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah yang ada di Praha. 

Langkah terakhir saat tiba di Indonesia, hal pertama yang harus di lakukan oleh WNA yang akan menikah di Indonesia yaitu pergi ke Kedutaan WNA tersebut untuk menunjukan surat ijin menikah / CNI dari negara asal WNA yang kemudian Kedutaan akan memberikan satu lembar surat yang mengkonfirmasi bahwa surat ijin menikah / CNI yang di keluarkan negara WNA tsb benar.

(Surat dari Kedutaan Ceko)

oh ya note surat satu lembar yang diberikan oleh kedutaan ini akan di ambil oleh KUA / Catatan sipil jadi harus di copy banyak buat jaga-jaga.

Kalau ada yang belum ngerti bisa tanya aja ya 
Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

3 comments

  1. Hi kak mau tanya kalo tempat untuk terjemahkan dokuken cni di kedutaan negara wna itu sendiri atau dimana apakah bisa di wakilkan ? Makasih 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk negara Ceko harus di terjemahin di praha mba, jadi dok nya dikirim pake DHL ke Praha, kalau buat negara yang lain biasanya ada penerjemahya di Indonesia. Untuk info penerjemah di Praha saya punya kontaknya kalau mba mau nanti saya kasih.

      Delete
    2. Eh maaf mba :D
      maksudnya CNI dari negara ceko harus di terjemahkan di praha soalnya di indonesia engga ada penerjemahnya dan kedutaan juga saranin di terjemahinnya di Praha.
      untuk pengurusan CNI ini bisa di wakilkan oleh keluarga atau lewat online

      Delete