JALAN-JALAN KE MASJID ISTIQLAL

May 12, 2018

Assalamu'alaikum 

Kali ini saya bakalan ceritain pengalaman saya jalan-jalan ke Masjid Istiqlal, alay banget ya ke Mesjid juga harus di ceritain :D tapi jangan judge gitu dulu yaaa :D.Saya belum pernah ke Jakarta sebelumnya jadi ini pertama kalinya, saya tinggal di Bandung paling jauh main ke Alun-alun bandung apalah daya dompet saya waktu itu pas-pasan. Saya ke Jakarta buat ngurusin dokuman pernikahan campur saya dengan WNA Ceko bukan sekedar jalan-jalan ke Masjid Istiqlal aja heheheheh.

Tapi disini saya bakalan ceritain sedikit sejarah Masjid Istiqlal yang saya kutip dari Wikipedia sama saya Juga pengen sharing foto-foto Masjid Istiqlal yang saya ambil waktu itu :)



Masjid Istiqlal (arti harfiah: Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Imam besarnya adalah Prof. Dr.Nasaruddin Umar, M.A. dan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal sekarang adalah K.H. Muhammad Muzammil Basyuni.

Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.



Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut Selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah.


Saya tiap ke Jakarta pasti tujuan awal nya ke Masjid Istiqlal, perjalanan pertama ke Masjid Istiqlal waktu itu di temenin sama Bapa. Beliau khawatir saya belum pernah naik kereta dan pergi jauh ke Jakarta, saya beli tiket kereta kelas ekonomi untuk keberangkatan malam soalnya murah. Eh taunya desek-desekan panas banget di dalem sampe susah tidur kita sampe di Jakarta jam 4 subuh abis sholat subuh di Stasiun kita langsung ke Masjid Istiqlal buat Bapak saya istirahat soalnya saya pagi-pagi harus langsung pergi pake gojek ke Kementerian-Kementerian untuk urusin dokumen saya.


Bapak saya nungguin di Masjid Istiqlal sampe saya beres beliau engga mau ikut saya kesana-kesini solanya kalau kita pergi dua harus pake grabcar dan harganya juga engga murah :).


Saya sempet keliling-keliling sebentar ngambil foto di Masjid Istiqlal, Masjid nya bagus banget konon ini The Biggest Mosque in Asia bangga ya jadi muslim di Indonesia. 
Di dalem Masjid nya bersih pertama kita masuk harus titipin sandalnya yaa jangan di bawa masuk :D. Ada sekolah islami juga untuk anak-anak di dalem mesjidnya tempatnya lumayan besar dan toiletnya juga banyak banget tapi waktu itu toiletnya agak kotor mungkin karena banyak banget tamu dari luar kota mandi segala macem disana dan mereka juga rata-rata udah pada sepuh.
Tapi overall Masjid Istiqlal ini vagus banget orang Indonesia harus sempetin waktunya sholat di Masjid ini. :)
Ini foto dari lantai dua nya


Berasa di Eropa deh wkwkwkk

langit di Masjid Istiqlal


Kudu sholat juga ya jangan cuman foto aja :D

Di teras lantai atas


Masih di teras lantai atas :D

Awas kudu inget kalau wanita masuk wc ini

DI halaman depan Masjid


Gereja di sebrang Masjid harmonis kan



You Might Also Like

0 comments