MEMBUAT VISA SCHENGEN DI KEDUTAAN CEKO

May 10, 2018

Assalamu'alaikum :)

Disini saya bakalan ceritain pengalaman saya bikin visa schengen di kedutaan Ceko dengang surat undangan dari suami saya yang sudah lebih dulu terbang ke Ceko. Cerita dulu sedikit saya menikah dengen warga negara Ceko bulan Mei tahun 2017 di Indonesia, persyaratan untuk menikah dengan WNA Ceko di Indonesia sudah saya tulis di postingan sebelumnya monggo bisa di check :).





Langsung ke intinya aja ya biar engga lama .. 😜
Dokumen yang saya siapkan :
  1.  Formulir permohonan Visa Schengen di isi dengen huruf kapital.
  2. Kartu keluarga asli beserta kopiannya.
  3. Satu pas foto dengan kualitas baik, diambil paling lambat 6 bulan terakhir ukuran untuk visa ke EU background nya putih.
  4. Bukti booking ticket pesawat (waktu itu saya cuman beli one way ticket tapi saya bikin lagi dummy ticket di thai airways untuk keperluan visa di kedutaannya).
  5. Paspor berlaku paling sedikit selama 90 hari setelah validitas visa yang diminta (dengan sedikitnya 2 (dua) halaman visa kosong untuk menempelkan stiker visa).
  6. Asuransi perjalanan yang asli dan fotokopi Schengen dan menanggung seluruh masa tinggal (asuransi perjalanan menaggung paling sedikit EUR 30.000 ,- termasuk biaya perawatan medis darurat dan harus termasuk repatriasi) beserta fotokopi  detail daftar pertanggungan asuransi (saya pake asuransi yang di Ceko dari suami).
  7. Invitation Letter (surat undangan) dari suami yang dikeluarkan oleh Kepolisian di negara Ceko, surat ini udah ngecover bukti keuangan suami dan akomodasi kita di Ceko soalnya untuk buat invitation letter ini suami harus ada bukti keuangan dari bank dan bukti memiliki tempat tinggal kalau statusnya masih rent bisa minta surat dari owner apartment yang menjelaskan bahwa kita menyewa apartment tersebut.
  8. Fotokopi halaman depan pasport (yang menunjukan foto pemegan pasport)
  9. Fotokopi visa schengen yang sudah pernah didapatkan selama tiga tahun terakhir (waktu itu saya belum pernah apply visa schengen sebelumnya jadi kopian yang ini bisa di skip).
  10. Tidak dipungut biaya soalnya saya baru peruana kali apply visa schengen dan suami saya warga negara EU jadi nya free kallar bayar normal harganya kurang lebin Rp.1100000,-



Pelayanan Pendaftaran Pembuatan Visa Schengen (Visa Jangka Pendek dengan Masa Tinggal Maksimal 90 Hari)
Pemohon visa Schengen di Kedutaan Ceko di Jakarta dapat mendaftar tanggal pembuatan visa melalui layanan telpon setiap hari Rabu dan Jumat antara jam 09.00 – 11.00. Pelayanan pendaftaran pembuatan visa dilakukan melalui telpon +62 21 239 6112-3 ext. 18.Pendaftaran diluar hari dan jam di atas tidak dilayani.
Para pemohon visa dapat menyerahkan aplikasi visa pada tanggal dan waktu yang telah diberikan pada saat pendaftaran. Adapun pelayanan pembuatan visa Schengen yaitu setiap hari Selasa dan Kamis antara jam 09.00 – 12.00. Kedutaan akan melayani paling banyak 17 pemohon untuk setiap harinya.
Nanti pas udah dapet jadwal untuk apply visa mending datang lebih pagi aja takut telat nanti ada satpam yang udah punya list untuk urutan masuk nya, kita bakalan nunggu di luar pagar kedutaan biasanya ada kursi kecil cukup untuk 3 orang panas-panasan tapi kalau ujan dibolehin masuk nunggu di teras depan pintu masuk lumayan supaya ga basah. Pas giliran kita masuk tas sama handphone ditinggal di luar yang di bawa cuman dokumen sama uang, nanti kita di layani oleh staff kedutaan namanya Mr. Frederick beliau orang Indonesia beliau yang cek kelengkapan dokumen kita sama cek isian formulirnya kalau masih ada yang belum kumplit atau kita bingung mau isi apa beliau yang bakal ngarahin 😙 kita juga nanti di kasih info kapan visa nya boleh di ambil waktu itu saya cuman satu minggu selama dokumennya kumplit proses nya mudah dan cepat.
Setelah dokumennya selesai di check kita bakalan di minta pindah ke ruangan yang di sebelah untuk fingerprint sama tanda tangan nanti ada orang ceko nya langsung yang bakalan ngarahin, waktu itu saya kebagian perempuan orang nya baik ramat banget. Saya grogi banget kaya baru pertama kali ketemu bule sampe saya blank banget engga ngerti Bahasa Indonesianya four fingers apa wkkwkwkwk.
Kalau sudah semuanya beres kita bisa pulang 
oh yaaa terakhir inget ya proses apply visa harus dilakukan oleh yang bersangkutan kecuali untuk pengambilan visa bisa di kuasakan
mudah dan cepat kannn :)
semoga bermanfaat 
di postingan selanjutnya saya bakalan bahas tentang invitation letter sama dummy ticket yaa see you 
:)

You Might Also Like

0 comments