Haid yang tidak teratur pertanda ada masalah

July 02, 2018

Assalamu'alaikum 

Judul diatas saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi yang mungkin saja bisa bermanfaat buat kalian. Sekitar 1,5 tahun yang lalu saya pergi ke dokter kandungan memeriksakan siklus haid saya yang benar-benar berantakan. Berantakan yang maksudnya saya waktu itu bisa haid selama 2 bulan nonstop ya nonstop ! banyak nya darah haid sama seperti haid pada umumnya terkadang warna darahnya hitam, coklat atau merah segar, saat itu saya pun bingung menentukan kapan saya mulai bisa sholat meskipun masih berdarah. Saya jarang sekali mendapatkan siklus haid yang teratur seperti wanita pada umumnya tidak ada tanggal pasti kapan saya akan haid, sampai-sampai saat itu juga saya pernah tidak haid selama 3 bulan kurang.




Kondisi nya saat itu saya bellum menikah dan yang pasti belum pernah berhubungan suami istri, saya beranikan diri pergi ke dokter kandungan karena khawatir. Biaya berobat ke dokter kandungan ini tidak murah kunjungan pertama saya harus mengeluarkan uang sekitar 700 ribu ya 700 ribu.
pertama biaya USG dan yang mahal adalah biaya untuk menebus obatnya, karena masalah yang berhubungan dengan rahim bukanlah masalah ringan jadi ya mungkin wajar saja jika harga obatnya mahal.

Dokter nya menanyakan keluhan apa saja yang saya alami dan saat test USG beliau tunjukan gambar kista yang masih sangat kecil tapi apabila dibiarkan dan tidak diobati akan menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita yang mengalaminya. Kebayang engga tuh ngeri sebagai orang awam yang dipikiran "wah kalau kista pasti sulit dapap keturunan", tapi dokter nya menjelaskan selama bentuk nya belum 6/7 cm (saya lupa) tidak perlu di operasi bisa di sembuhkan dengan terapi.

Sebelum tahu saya memiliki kista fungsional nya dokter nya menjelaskan bahwa saya mengalami gangguan hormon yang kemungkinan kista fungsional ini muncul karena hormon yang tidak stabil dan gangguan hormon ini juga lah yang mengakibatkan tidak teratur nya siklus haid saya. Gangguan hormon juga tidak bisa disepelekan loh, masalah ini bisa membuat program hamil sedikit sulit butuh usaha yang ekstra.

Kalau ditanya adakah gejala untuk gangguan hormon atau kista fungsional ini? 
Pengalaman saya gejalanya dulu sih cuman haid yang tidak teratur, dan terkadang ada rasa sakit yang sangat terasa sakittttt di bagian vagina saat darah nya keluar, nafsu makan hilang secara drastis dan
perutpun sering kram. 

Makanan juga tidak ada yang di pantrang oleh Dokter yang terpenting jangan terlalu banyak pikiran (stress) :D dan harus bin kudu minum banyak air putih.
 Saya melakukan terapi selama 4 kali di Dokter kandungan yang alhamdulilah setelah 4 kali di terapi kista yang kecil ini menghilang dan siklus haid saya juga lebih baik dari sebelumnya. 

Tapi kalian jangan khawatir setelah membaca ini, kalau kalian punya siklus haid yang tiba-tiba tidak teratur jangan dulu berasumsi  punya kista terus kepikiran siang malem yang malah bikin stress, kemungkinan pertama kalau haid tiba-tiba tidak teratur itu gara-gara kalian lagi stress :D. Jadi stay positive itu penting banget ya buat para perempuan, tapi kalau kalian merasa semakin parah kalian harus ke dokter ya. 

You Might Also Like

0 comments