Ta'aruf sama kota Pilsen (Plzeň)

June 29, 2018


Assalamu'alaikum :)


Postingan kali ini aku bakalan ajak kalian kenalan sama kota tempat aku tinggal sekarang di perantawan. PILSEN ! ya kota Pilsen kota yang berjarak 90 km dari ibu kota negara Ceko ini merupakan kota terpadat ke empat di negara Ceko, jadi wajarlah kalau Pilsen menjadi pusat ekonomi di wilayah barat bohemia. Keindahan kota Ceko juga engga kalah dengan Praha/Prague temen-temen :D kalau kalian biasa liat cerita dongeng yang ada kastil-kastilnya kalian kalau datang ke sini pasti engga asing lagi deh soalnya disini bertebaran kastil-kastil tua yang masih terawat konsidinya biasanya ada biaya buat masuk ke beberapa kastil atau menara yang ala-ala Rapunzel. Menurut sumber Wikipedia, Warga yang tinggal di Pilsen ini menganut agama kristen katolik meskipun kalau aku liat sendiri rata-rata mereka ampir condong ke agnostic gitu jadi mereka percaya ada tuhan tapi engga punya agama. Pub-pub, tempat yang ada penari erotis atau tempat prostitusi bisa dengan gampang di temui, secara kota Pilsen ini engga seluas kota Bandung yang engga bisa dijelajahi dalam sehari, kadang aku penasaran pengen cobain masuk tapi takut dosa dan iri liat wajah mereka cantik-cantik banget kalau di Indonesia udah di ajak main tuh jadi "anak-anakan langit". 



Dannnnn yang paling terkenal dari kota ini adalah Beer nya, jadi inget kota Bandung atau Sumedang yang terkenal sama peyem dan tahu bongkengnya *jadi pengen* :D
Ya Beer tapi aku belum pernah coba juga sih soalnya muslim heheh, tapi kayanya buat temen-temen yang suka minum ini pasti udah engga asing dengan merek Beer Pilsner Urquell. Di kota ini loh guys asalnya Beer Pilsner Urquell itu, biasanya aku ngelewatin Pabriknya tiap mau belanja isi kulkas. tampak dari luar keliatannya sama aja kaya pabrik umumnya :D cuman kita juga bisa tour liat cara bikin beer itu lain kali kalau aku coba nanti diceritain deh soalnya belum tertarik pengennya ikutan tour umrah :D lol

Secara kota ini kota yang terkenal dengan beer nya kota ini juga merupakan kota yang memproduksi beer-beer berkualitas ke seluruh dunia bahkan di negaranya sendiri Beer dari kota Pilsen udah kaya ICON lagi buat masyarakat disini mungkin kalau di Turki Beer ini tuh udah kaya "KEBAB ADANA" nya turki :D 



Jadi mereka tiap makan di luar pasti minumnya beer dengan mug yang gede banget kalau aku minum pake mug kaya gitu udah qencing qaya quda hehehh, kebanyakan mereka minum ini dari pada air putih. Aku pernah datang ke Festival Beer sekali disana tuh penuh sama orang yang jualan berbagai macam beer, orang-orang pada minum beer dimana-mana susah buat dapetin makanan cuman minum beer aja. Beda sama orang kampung kaya aku kalau minum aja berasa jadi buyur seengganya ditemenin combro atau cireng basah bakal mantap, tapi mereka tuh cuman minum aja. Kita bela-belain jalan dari bawah ke atas bukit deket menara buat hadir di festival ini buat minum beer nya yang khas, waktu itu aku engga minum beer cuman antri aja 35 menitan buat air putih :D.




Kalau kalian main kesini jangan bayangin kota Pilsen ini kota yang hitam-putih-abu gambaran negara komunis, disini warna-warni banget cuman ya beda negara beda masyarakatnya juga disini orangnya lempeng-lempeng engga ada tuh ceritanya tetangga jadi CCTV kita :D apalagi emak-emak yang beli sayur sambil gosip, tapi pas nyampe sini kangen loh sama emak-emak yang kaya gitu, kangen di kepoin. 
Meskipun orang-orang disini engga kepo tapi kota Pislen ini dapet penghargaan EUROPEAN OF CULTURE FOR THE YEAR tahin 2015 keren ya kaya Bandung heheheh.


Ada 5 alasan kenapa kalian kudu dateng kesini guys :D bukan promosi ya tapi ya kali-kali aja jadi duta pariwsata abis nulis ini meskipun beberapa info nyomot dari web resmi mereka .
  1. Tempat pembuatan beer Pilsner Urquell dan sumber beer langsung asli dari sini kaya yang aku uda jelasin si Beer Pilsner Urquell ini udah susses bikin kota ini terkenal di dunia. Di kota Pilsen kalian punya banyak banget kesempatan buat ngerasain beer-beer yang terkenal itu denna mudah dan arga yang erjangkau, apalagi pas berkunjung ke tempat pembuatan beer nya langsung kalian bisa temuin rahasia kenapa ada istilah pilsen is beer dan beer is pilsen. Aku liat dari brosur nya kalian bisa tuh minim langsung dari gentona-gentong beer nya tapi Magnan udik juga langsung tempelin mulut ke gantong, minumnya tetep pake gelas ya kaka :D
  2. Pusat sejarah yang indah dengan dikelilingi banyak kafe dan restoran, keuntungannya kalau kalian main kesini tempat sejarah, kafe sama restoran tuh mereka lokasi nya deket-deketan udah kaya truk gandengan jadi kalau kalian tiba-tiba lapar pas lagi tour ke monumen ghotic cathedral dengan menara tertingginya di ceko atau pas lagi tour ke synagogue terbesar ke tiga di Eropa atau juga pas lagi asik dateng ke beberapa musim dan galeri yang menyimpang berjuta sejarah di masa lalu (inget bukan sejarah sama mantan yooo) kalian bisa langsung lari dulu bentar tuh ke kafe sama restoran tapi plis jangan malu-malu in ya disana engga bisa kasbon harus cash atau pake kartu bayarnya :D
  3. Kumpulan interior hunian yang unik yang di desain oleh arsitek-rsitek dunia, mungkin biasanya kita tahu cuman kota Vienna di Austria aja yang punya bangunan unin bin ciamik. Jangan salah Pilsen juga banyak disini banyak bangetb apartment yang udah kaya kastil cantik-cantik kayanya bisa jadi bahan contoh diterapin di indonesia supaya bangunan rumah susun atau apartment nya cantik-cantik kaya kastil.
  4. Acara kebudayaan yang jangan sampai di lewatin, Disini bahkan ada jadwal acara apa aja sih yang bakalan di adain di setiap kota nya biasanya di website pemerintahan atau kota ada jadwalnya, teater juga lumayan banyak disini. Mereka kayanya suka banget sama seni dan kawan-kawannya, universitas yang menawarkan jurusan seni juga banyak banget.
  5. Fasilitas dan tempat yang mendukung untuk keluarga dan anak-anak, kota Pilsen ini menawarkan banyak banget hiburan buat semua anggota keluarga. Pokonya engga bisa di jelajahi dalam waktu sehari kalau buat maen-maen sama anak, ada kebun binatang yang ada DinoPark nya, buat yang suka negksplor ada Techmania science centre atau di musim Marionetter and Ghosts, atau ada juga Labirin koridor media di Pilsen Historical Underground akan bakalan kalian pengen dateng lagi.

Sooooo hayu datang kesini sekalian bawa oleh-oleh buat oku dari Bandung kekekek 


sumberhttp://www.pilsen.eu/tourist/visit/the-best-from-pilsen/the-best-from-pilsen.aspx

You Might Also Like

0 comments