Kehidupan Selama Era Komunis di Cekoslovakia

June 27, 2018


Assalamu'alaikum :)
Postingan sekarang cuman mau repost tentang komunisme di negara Cekoslovakia dari website nya Private Prague Guide  https://www.private-prague-guide.com/article/life-during-the-communist-era-in-czechoslovakia/ tulisan By Tracy A. Burns
yang saya coba terjemahin seadanya tapi ada di bagian akhir saya pake google translate udah cape eheheheh :D Selamat membaca

Tahun-tahun pemerintahan totaliter di Cekoslavakia, dari tahun 1948 hingga tahun 1989, merupakan tahun-tahun yang kelam. Setelah kudeta pada tahun 1948, ideologi komunis merasuki kehidupan warga Cekoslovakia yang kemudian mendominasi pada seluruh aspek dalam masyarakat. Keputusan ideologi politik Cekoslovakia di dikte oleh unisoviet, dan Negara ini berlanjut bergantung pada unisoviet bahkan hingga era 1980 an. Cekoslovakia merupakan bagian dari blok timur dan juga anggota dari Warsaw pact dan Comecon.

Karakteristik hidup selama era komunisme

Mereka yang tidak mematuhi sosialisme tidak saja diinterograsi, diintimidasi dan diawasi tapi juga menjadi sasaran saat penggeledahan rumah, yang mana polisi rahasia / intel menyerbu privasi warga saat mencari literatur ilegal. Suap berlimpah, adanya serangga-serangga didalam rumah warga mengahalangi orang-orang untuk berbicara secara terbuka, antrian yang sangat panjang di toko-toko, orang-orang dipenjarakan jika memberikan keluhan atau membuat petisi tentang sistem ini. Lebih jauhnya lagi orang yang asalnya kaya berubah menjadi miskin rumah-rumah mereka harus diberikan kepada negara sebagai akomoadasi negara. Para penjual dipilih untuk dijadikan kepala perusahaan. Para anggota intelek di paksa untuk bekerja mengerjakan beberapa pekerjaan seperti menyapu jalan atau membersihkan jendela. Jika seorang saja berbelot dari pemerintah maka keluarga orang itu akan mendapatkan berbagai macam hukuman. Orang-orang yang membangkang akan dituduh dengan berbagai macam tuduhan.

Mimpi buruk pada era 1950

Pada tahun 1950 merupakan awal dari kebrutalan dan mimpi buruk, Perdana menteri unisoviet joseph Stalin mengarahkan komunis Cekoslovakia untuk melakukan pembersihan, dan diadakan lah uji coba terbesar di erapa timur. Lebih dari 6 periode, dari 1949 hingga 1954, Korban-korbannya termasuk para pemimpin militer, Katolik, yahudi, para politisi demokrat, dan mereka yang memiliki hubungan saat masa perang dengan barat serta komunis tingkat tinggi. Hampir 180 orang di eksekusi, tidak ada pengadilan yang adil seperti para hakim yang bekerjasama dengan para pemimpin negara. Para terdakwa dinyatakan bersalah meskipun sidang belum dimulai, bahkan harus melakukan kesaksian bohong. Seolah-olah itu merupakan permainan yang kotor yang ditampilkan di panggung dan bukannya ruang sidang (Selama tahun 1960an beberapa korban di rehabilitasi).

Uji coba pertunjukan Rudolf Slansky dan Milada horakova

Dua pengadilan penting yang melibatkan politisi demokarat dan pemimpin perlawanan Milada Horakova selama era 1950 dan politisi komunis Rudolf Slansky pada tahun 1952. Horakova merupakan satu-satunya wanita yang di eksekusi, dikatakan beliau telah mengorganisir sebuah rencana untuk menggulingkan rezim. hukuman matinya dikutuk oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Albert Einstein, Winston Churcil dan Eleanor Roosevelt. Bukannya merasa takut dan menyerah pada tekanan internasional, rezim komunis ini memajukan tanggal eksekusinya. Pengadilan ini di siarkan diseluruh radio umum. tuduhan atas penghianatan tinkat tingg, partai komunis mengklaim Salnsky merepukan seorang Titoist, seseorang yang mendukung sistem sosialis yang dibentuk oleh pemimpin Yugoslavia, Josip Broz Tito, di mana sebuah negara Komunis tidak mematuhi Uni Soviet tetapi mendiktekan tujuan sosialisnya sendiri. Slánský diduga melakukan spionase. Dia diadili bersama 13 orang lainnya. Slánský dan 10 terdakwa dijatuhi hukuman mati

Lebih banyak pembersihan

Selama periode normalisasi yang keras dari represi politk setelah penghancuran PRAGUE SPRING and reformasi liberal pada bulan agustus 1968, dilakukan lebih banyak pembersihan. Pada tahun 1969 hingga 1971, tidak ada yang digantung sebaliknya dikeluarkan dari partai politik komunis dan kehilangan pekerjaannya. mereka menjadi bahan interograsi dan tekhnik intimidasi dan juga dibuntuti oleh para intel rezim. Personila pemerintahan tingkat tinggi dan para pemimpin organisasi sosial adalah korban dari pembersihan ini, da juga para reformis yang mendukung PRAGUE SPRING menjadi target. Para penulis yang menulis sesuatu yang tidak sesuai dengan sosialisme dilarang untuk di publikasikan, dan juga para artis, seperti para aktor atau direktor tidak diberikan ijin untuk mengambil bagian. Tidak sepeti era 1950, Polisi menyelematkan mereka dari kekerasan yang menentang pasukan soviet.

Petani: Musuh Negara

Petani, terutama yang kaya disebut "kulaks", adalah musuh dari rezim komunis. Selama tahun-tahun stalinisasi, peternakan dinasionalisasikan dalam apa yang disebut kolektivisasi. Tidak ada satupun yang dapat memiliki lebih dari 50 hektar lahan. Sementara kehidupan para petani kaya dihancurkan, dan para petani miskin merasa bersyukur akan sistem ini. Komunis memeras para petani dan mengancam mereka dengan hukuman penjara jika mereka tidak bergabung dengan koperasi. Petani yang rakus mengambil posisi dalam komite yang mengatur koperasi dan diberi imbalan liburan ke luar negeri, koperasi membayar semua biaya. Namun kolektivisasi tidak efisien dan gagal.

Agama : Saingan terbesar

Namun, Petani bukanlah saingan terbesar dari partai komunis tetapi agamalah. Orang-orang memprotes dengan mendirikan gerakan bawah tanah dari kalangan pendeta dan orang awam dari berbagai daerah. Komunis telah mengambil properti gereja mereka dan menutup seluruh 216 biara di negara itu selama era 1950. Beberapa para pendeta terbunuh dan sebagian lagi menemukan mereka didalam sel penjara bersama dengan para pembunuh dan orang gila, atau mereka di kirim ke kamp kerja paksa atau di tempatkan di militer. Pada tahun 1950 para intel menanam senjata di sebuah biara dalam melakukan persidangan yang menuduh para imam katolik memata-matai. yang membuat mereka mendekam dalam penjara.

Pemuliaan para pekerja

Dibawah rezim komunis para pekerja ini di muliakan seakan-akan pahlawan dan dieksploitasi sebagai bahan propaganda rezim. Penambang contohnya, menerima uang pensiun yang besar dan rumah yang nyaman. Pekerja memilki yang lebih besar dari prosefor di universitas. para karyawan biasa yang patuh terhadap doktrin komunis akan dihadiahi dengan liburan keluar negeri seperti bulgaria, romania, twilayah unisoviet atau yugolavia dari pada ke barat.

Sistem pendidikan

Ideologi komunis merasuki pada sistem pendidikan berbasis politi. Para murid harus mempelajari mata pelajaran seperti Marxisme-Leninism. Mereka belajar dengan hafalan tidak didorong utnuk mendiskusikan sebuah masalah dari sudut pandang mereka. Murid-murid yang di terima di Universitas adalah mereka yang memiliki latar belakang sekolah, mendukung pemerintahan komunis dan yang berpartisipasi dalam organisasi pemuda komunis.

Media

Media juga tidak luput menjadi bagian yang di kontol oleh pemerintahan, media merupakan corong informasi bagi rezim ini. Sensor menjadi hukum pada tahun 1948. Contohnya pada Televisi dipenuhi dengan optimisme resmi sebagai traktor dan perusahaan-perusahaan yang sering muncul di layar TV. Editorial penuh dengan klise. Selama masa permbersihan normalisasi pada tahun 1969-1970, lusinan majalah dan jurnal di tutup.Organisai olahragaEra komunis menandai berakhirnya Organisasi Sokol, sokol yang berarti burung elang. Organisasi ini sudah menjadi tradisi demokrasi yang kuat sejak abad ke 19. Setelah tahun 1948 festival Spartakiada diadakan setiap 5 tahun. Dalam olahraga ini ribuan pesenam tampil melakukan tarian kemenangan, yang menekankan pentinganya kelompok atas individu.

Budaya Cekoslovakia

Budaya Cekoslowakia memungkinkan lebih banyak kebebasan selama awal 1960-an. Pada tahun 1958 Josef Škvorecký membuat debutnya sebagai seorang novelis dengan The Cowards, sebuah permata sastra tentang seorang pria muda yang tertarik pada jazz dan gadis-gadis selama Pendudukan Nazi. Namun, segera, buku itu akan dilarang oleh rezim Komunis. Majalah-majalah baru dan liberal datang ke dunia sastra. Komedi Ceko adalah jalan keluar bagi perbedaan pendapat dan berisi referensi berkode melawan Komunisme. Pada tahun 1960-an, tiga drama Ceko dan Vishclav Havel yang tidak masuk akal di masa depan dipentaskan di Teater Praha di Balustrade, dibuka pada tahun 1958. (Havel kemudian akan menghabiskan lima setengah tahun penjara.)

Film-film Ceko yang luar biasa dari era ini termasuk Kereta Yang Dijaga Jiří Menzel, yang didasarkan pada novel karya Bohumil Hrabal dan komedi intertwines, tragedi dan ironi. Pada bulan Juni 1968, penulis Ludvík Vaculík mempublikasikan protes terkenal Dua Ribu Kata-Kata, menggambarkan situasi politik saat ini dan mendorong warga untuk mengambil tindakan. Salah satu kepribadian yang tetap populer selama musim semi dan Komunis Praha adalah penyanyi Karel Gott, yang kariernya yang mengesankan dimulai pada pertengahan 1960-an. Komunis mengerutkan kening pada dampak musik Barat pada pemuda sosialis, dan selama tahun 1970-an musisi rock dan penggemar mereka dianiaya.

Literatur ilegal

Selama tahun 1970-an dan 1980-an, banyak seniman Ceko dan Slovakia dipenjarakan atau dipaksa beremigrasi. Para pembangkang sering dilecehkan dan kadang-kadang dipenjara karena berbicara menentang rezim. Mereka yang menandatangani deklarasi hak asasi manusia Piagam 77 ditangkap, diinterogasi dan kehilangan pekerjaan mereka. Literatur yang tidak sesuai dicetak melalui saluran bawah tanah sebagai teks samizdat ilegal yang diproduksi di mesin tik. Pada pertengahan 1980-an, beberapa rumah penerbitan bawah tanah ada. Kepemilikan materi samizdat bisa menyebabkan pemenjaraan. Terlepas dari keterbatasan pada literatur Ceko, penyair Jaroslav Seifert meraih Hadiah Nobel pada tahun 1984.

Beradaptasi dengan kenyataan pahit


Namun selama masa-masa sulit tersebut warga dapat beradaptasi dengan kondisi yang menyedihkan. Mereka menghabiskan akhir pekan mereka di pondok-pondok mereka, dikelilingi oleh alam, dan sebagian besar tidak terlibat dalam politik. Akhirnya, Revolusi Beludru tahun 1989 mengakhiri mimpi buruk yang telah berlangsung selama 40 tahun, dan demokrasi sekali lagi bergema di Cekoslovakia.

Museum Komunisme di Praha

Museum ini berfokus pada rezim totaliter dari kudeta Februari 1948 hingga runtuhnya pada bulan November 1989. Tema Museum adalah "Komunisme- Impian, Realitas, dan Mimpi Buruk" dan pengunjung akan disuguhi pengalaman yang sangat mendalam . Pabrik-pabrik yang imersif, ruang sekolah historis, Ruang Interogasi, atau klip video di Mesin Waktu Televisi kami adalah bagian dari pengalaman. Museum ini adalah pengantar yang bagus sebelum Anda melangkah lebih jauh ke masa lalu dan mengalami keajaiban Kota Emas. Baca artikel kami tentang Museum Komunisme.

You Might Also Like

0 comments