Ramadan Pertama di Negara Seribu Menara

June 01, 2018




Assalamu'alaikum

Ramadan Kareem semuanya :)
Ada yang beda di ramadan tahun ini, kenapa berbeda ? karena di ramadan kali ini alhamdulilah Allah kasih saya kesempatan untuk menginjakan kaki di bumi Allah yang lainnya. Suasana ramadan yang berbeda, lama nya waktu berpuasa juga berbeda dari lama waktu puasa di Bandung. Kami berpuasa disini selama 18 jam dengen waktu iftar nya pukul 9 malam dan adzan subuh nya pukul 2.30.

Sudah dua bulan saya tinggal di negara yang dijuluki seribu menara ini tidak perdah bermimpi sebelumnya akan menginjakan kaki di bumi Allah yang bernama Ceko, Negara ini sangat terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah yang tidak hancur pada masa perang dunia nya.


Tapi sangat sulit menemukan mesjid di Ceko apalagi di kota kecil seperti yang saya tempati, mungkin wajar saja karena Ceko yang dulunya menganut paham komunis dan hingga sampai hari ini sebagian warga Ceko percaya akan tuhan tapi mereka tidak ingin di atur oleh agama.

Menjadi seorang muslim di negara yang asing dengan nama islam bahkan kesan buruk tentang islam mungkin menghantui pemikiran mereka, ini hal yang tidak mudah, apalagi memiliki warna kulit yang berbeda dari mereka bisa jadi kita menjadi pusat perhatian setiap jalan keluar seperti pengalaman yang terjadi hampir setiap kali saya ada di luar rumah, entah apa yang ada di pikiran mereka saat melihat saya dengan perawakan yang mungil, warna kulit coklat dan yang paling mencolok hijab saya.


Saya merasa spesial berada di sini karena saya berbeda meskipun tidak jarang saya temui orang yang rasis dengan sekantong verbal abuse nya yang siap ditembakan tepat di muka saya. Tapi, mendengar cerita dari teman yang lainnya mereka bilang tidak pernah mengalami hal yang saya alami. Mungkin ini gara-gara muka saya yang keliatannya garang dan judes ya ? entahlah padahal saya selalu pasang senyum kuda tiap saya bertemu dengen orang lain.

Jauh dari kampung halaman membuat saya homesick apalagi dengan makanan dari Bandung, secara dong warga bandung senang sekali membuat modisikasi makanan. Sangat mudah mendapatkan makanan meskipun tanpa harus keluar rumah. Suasana ramadan yang hening tahun ini, tidak terlihat para penjual kolak dan bala-bala (bakwan) yang biasa saya temui di Bandung, tidak ada suara ibu-ibu yang baca Quran dari speaker masjid dan tidak ada juga acara spesial ramadan di TV.

Hening..

Sekarang sejujurnya saya sangat merindukan suasana ramadan di Bandung, dengan seribu keberagamannya.

bunyi tok. tok penjual bakso yang biasa lewat depan rumah bisa jadi hal yang mahal buat saya sekarang. Wajar lah mahal saya harus beli tiket pulang dulu supaya bisa denger suara tok tok nya

Tapi ya harus dinikmati setiap proses hidup, mengabdi untuk suami meskipun harus meninggalkan kampung halaman dan meninggalkan keluarga, dan ternyata selama dua bulan saya disini saya merasa lebin mandiri dari sebelumnya. Dulu waktu saya di Bandung saya paling males buat masak sekalinya lapar saya lebih milih tidur dan berharap orang rumah udah masak sesuatu pas saya bungun.


Beda dengan di Ceko apalagi di bulan ramadan seperti sekarang, bangun lebih awal dari suami menyiapkan ini itu untuk sahur. Biasanya kita cuman minum susu ditemani roti, butter dental madu plus buah. Suami sebenernya engga ribet soal makanan cuman dia selalu pengen yang fresh jadi engga ada acara ngangetin makanan.

Selesai sahur dan sholat subuh jam 3 biasa nya saya tidur lagi toh malem saya cuman punya waktu satu jam untuk tidur kadang saya banyakin tidur siang supaya saya engga ngantuk malemnya. Siangnya meskipun lemes harus tetep gerak yaa beres-beres sama bikin ini itu, biasanya beres pekerjaan rumah saya sempetin waktu buat belajar bahasa Ceko, nonton film atau baca buku. Saya belum berani buat keluar rumah sendiri kecuali kalau terpaksa kaya pas harus jalan atau naik bus jauh buat isi kulkas :D.

Sore saya udah mulai puntang-panting buat masak sibuk cari resep di aplikasi Cookpad yang alhamdulilah ngebantu saya banget. Saya biasa masak masakan Indonesia sesuai yang ada di resep Cookpad plus di modifikasi juga tergantung persediaan bumbu di kulkas. Disini lumayan sulit buat dapetin bumbu-bumbu masakan Indonesia.

Penyesalan terdalam saya sebenernya kenapa saya engga bawa stock bumbu yang banyak. :D

Ternyata menjadi seorang istri itu bukan hal mudah yang cuman leha-leha aja ya :D
kerjain ini itu kebayang yang udah punya anak, salut banget...

waktu buka jam 9 malem, jangan harap ada es sirop atau kolak candil ya :D
saya kalau buat buka disini suka nge blender susu di mix sama pisang dan korma buat takjilnya terus langsung makan. Kadang makan pake nasi atau kentang temennya tetep makanan Indonesia.

jam 11 malam biasanya baru beres makan sama cuci piring mau tidur tunggung jam 1 harus bangun buat sahur :D


Selalu bersyukur ibukibuk ya masih dikasih kesempatan buat bangun di bulan ramadan taun ini ..

You Might Also Like

0 comments